Pemkab Ngawi Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan

Pemkab Ngawi Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Penanaman pohon di dalam Taman Candi. foto: ZAINAL ABIDIN/ BANGSAONLINe

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Memeringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan acara tebar benih ikan dan penanaman pohon, di Taman Candi, Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kamis (20/02).

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, dan dihadiri seluruh camat, serta diikuti perwakilan pelajar di lingkup Kota Ngawi.

Dalam sambutannya, Ony Anwar menjelaskan pentingnya hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan. Orang nomor dua di kabupaten Ngawi ini mengajak semuanya, termasuk yang hadir dalam acara peringatan HPSN, bahwa sungai bukan tempat membuang sampah.

“Diimbau secara bersama-sama agar warga yang di lingkungannya dilintasi sungai, tidak membuang sampah sembarangan apalagi di aliran sungai,” kata Ony. "Nanti akan ada strategi-strategi khusus minimal di tingkat RT atau kelompok masyarakat, agar sampah dapat terselesaikan,” tambah Wakil Bupati .

Pemkab Ngawi akan menyiasati pengolahan sampah. Menurut Mas Ony, sapaan Wakil Bupati Ngawi, nantinya pengelolaan sampah akan ada penyaringan mulai dari pengumpulan sampah dari warga ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Dari TPA yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup, sampah rumah tangga akan dipilah meliputi sampah yang masih dapat didaur ulang, dan sampah yang tidak dapat didaur ulang.

Mas Ony juga mengajak warga memulai mengurangi penggunaan plastik dan penggunaan barang-barang yang tidak mudah terurai.

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.30 WIB ini, diakhiri dengan penebaran benih ikan di kolam taman candi, dan penanaman pohon oleh wakil bupati, Sekda dan ketua DPRD Kabupaten Ngawi. (nal/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO