Buka Seleksi Petugas Haji Tahap 2, Kakanwil Kemenag Sampaikan 2 Hal ini

Buka Seleksi Petugas Haji Tahap 2, Kakanwil Kemenag Sampaikan 2 Hal ini Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi saat membuka seleksi petugas haji tahap 2 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Hall Mina Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Kamis (13/2). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi membuka seleksi petugas tahap 2 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Hall Mina Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Kamis (13/2).

Mengawali sambutannya, Ahmad Zayadi bercerita tentang pengalamannya saat menjadi bagian dari Amirul Hajj tahun 2019. Selama 21 hari di Arab Saudi, ia menyaksikan bagaimana seharusnya persiapan dan kemampuan yang dimiliki oleh petugas agar mampu melayani Jemaah dengan cara-cara terbaik.

"Dua hal yang harus dipersiapkan petugas agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada Jemaah . Hal pertama adalah pengetahuan substantif serta kondisi fisik yang prima," ucapnya di depan 389 peserta seleksi.

Kakanwil menjelaskan, pengetahuan substantif ini tidak hanya terpaku pada fikih , tapi petugas juga harus mumpuni dalam fikih ibadah.

“Kenapa sampai dengan fikih ibadah? Karena kenyataannya memang, jemaah kita dari latar belakang jemaah , dari sisi kulturalnya perlu mendapatkan bimbingan baik sisi penyelengaraan maupun sisi ibadahnya,” jelasnya.

Persiapan kedua, lanjut kakanwil, adalah persiapan fisik. Berdasarkan pengalamannya tahun 2019 lalu, cukup memberikan pengalaman bagaimana petugas memerlukan persiapan fisik yang luar biasa. Dalam beberapa hari bersama rombongan Amirul Hajj, setiap hari Ahmad Zayadi hampir rata-rata melangkahkan kaki sebanyak 65.000 langkah kaki atau setara dengan 30 km.

“Bayangkan, 30 km setiap hari. Ini artinya apa? Harus ada kekuatan fisik luar biasa sehingga kita akan mampu memaksimalkan tugas kita sebagai pembimbing, atau tugas pokok fungsi yang lainnya,” lanjutnya.

Ia menambahkan, seluruh calon peserta mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ia juga meminta seluruh pihak bersikap sportif, konsekuen dan konsisten, serta lebih mengutamakan profesionalisme.

Sebanyak 389 peserta seleksi tahap 2 tingkat Provinsi Jawa Timur ini terdiri dari 153 peserta formasi ketua kloter, 154 peserta pembimbing ibadah , serta 82 PPIH Arab Saudi. PPIH Arab Saudi tersebut terdiri dari 11 peserta bimbingan ibadah, 26 peserta bidang akomodasi, 20 peserta bidang konsumsi, 16 peserta bidang transportasi, serta 9 peserta bidang siskohat.

Para peserta seleksi tahap 2 ini merupakan peserta yang telah lolos pada seleksi tahap pertama di tingkat kemenag kabupaten/kota yang telah digelar pada Selasa (4/2) pekan lalu. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO