Selasa, 15 Juni 2021 04:08

Lontarkan Bom Vulkanik 2.551 Kali, Status Semeru Waspada Level Dua

Jumat, 19 Desember 2014 17:17 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Imron
Lontarkan Bom Vulkanik 2.551 Kali, Status Semeru Waspada Level Dua
gunung semeru. foto: ilmupendakigunung.blogspot.com

LUMAJANG (BangsaOnline) - Selama sebulan terakhir, Gunung Semeru dikabarkan telah melontarkan bom Volkanik berupa hembusan sebanyak 2.551 kali. Hal ini disampaikan Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang membenarkan kondisi tersebut. Pasalnya, sesuai surat bernomor 01/11/BGV.P-SMR/2014 yang ditanda-tangani Suparno selaku Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru, dilaporkan bahwa selama sebulan terakhir Gunung Semeru melontarkan Vulkanik berupa hembusan sebanyak 2.551 kali.

"Dilaporkan terjadi letusan sebanyak 949 kali, guguran 35 kali dan vulkanik dalam 4 kali. Namun status Gunung Semeru masih tetap Waspada Level 2," kata Hendro Wahyono Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, kemarin, Jumat (19/12).

Kegiatan seismik lainnya adalah, terpantaunya gempa tektonik lokal 40 kali dan gempa tremor harmonik 125 kali. Dari pengamatan cuaca, selama sebulan terakhir kebanyakan terjadi mendung dan hujan dengan intensitas tinggi di puncak Semeru. Suhu udara tercatat antara 23 derajat celcius sampai 29 derajat celcius.

Dari pengataman visual, terpantau asap solfatara warna putih tipis, hembusan abu yang selama sebulan terakhir teramati 4 kali dengan warna asap putih tebal sampai dengan abu-abu. Tekanan gas sedang sampai kuat dengan tinggi asap mencapai lebih kurang 200 meter condong ke arah barat dan utara.

"Suara letusan tidak pernah terdengar, api diam dan sinar api masih teramati dengan tinggi 5 sampai 10 meter. Kubah lava teramati adanya pertumbuhan dan guguran lava teramati 8 kali dengan jarak luncur 300 meter sampai 500 meter ke arah besuk kembar dan kobokan," ungkapnya.

Dijelaskan, intensitas hujan tinggi di Puncak Gunung Semeru, maka direkomendasikan kepada warga yang bermukim di sekitar DAS (Daerah aliran Sungai) yang meliputi Besuk Sat, Besuk Kobokan, Besuk Kembar, Besuk Bang agar selalu meningkatkan kewaspadaannya terhadap bahaya yang sewaktu-waktu terjadi.

"Bahaya ini, berupa bahaya primer yaitu yang berupa bahaya awan panas guguran dan jatuhan material letusan. Bahaya sekundernya berupa bahaya aliran lahar akibat curah hujan tinggi yang terjadi di sekitar puncak atau lereng Gunung Semeru," pungkasnya.

BACA JUGA : 

FRPB Pamekasan Kirimkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa di Lumajang

Baksos untuk Korban Bencana, 10 Komunitas Honda BeAT Jatim Riding Bareng ke Gunung Semeru

Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Semeru, Mensos Risma Sarankan Lumajang Punya Alat Berat

Antisipasi Lahar Dingin Semeru, Pemkab Lumajang Bakal Dirikan Pos Pantau Curah Kobokan

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...