Jelang Pilkada, Plt. Wali Kota Pasuruan Ingatkan Netralitas ASN

Jelang Pilkada, Plt. Wali Kota Pasuruan Ingatkan Netralitas ASN R. Teno Prasetyo, S.T., Plt. Wali Kota Pasuruan saat memberi sambutan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Akhir tahun 2020 nanti Pemkot Pasuruan akan punya gawe, Pesta Demokrasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali).

Terkait hal ini, Bawaslu dan Pemerintahan Kota Pasuruan menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hotel Horison, Selasa (28/1). Sosialisasi tersebut secara resmi dibuka oleh Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo.

Dalam sambutannya, Plt Wali Kota memberikan warning kepada ASN agar mematuhi kode etik dan kode perilaku ASN untuk menghindari keberpihakan, demi menjamin terselenggaranya pemilu jujur dan adil. Sebab, keterlibatan ASN diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang menegaskan bahwa PNS negara harus bebas dari pengaruh dan intervensi dari semua golongan dan partai politik.

Ia menegaskan, seorang PNS dilarang memberikan dukungan kepada Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah. "Seluruh ASN Kota Pasuruan untuk benar-benar secara sadar menegakkan netralitas guna mendukung kondusivitas dan suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2020 pada 23 September mendatang," pesannya.

“Peru diketahui bersama, ASN dilarang keberpihakan beri dukungan kepada caon wali kota dan wakil wali kota. Hal itu untuk menjaga netralitas pada Pilkada mendatang, dan selalu mengupayakan terciptanya kondusivitas, serta memberikan kesempatan kepada ASN untuk melaksanakan hak pilih secara bebas. Memang tugas ini tidak mudah, tetapi saya sangat yakin, selama kita tetap berada di koridor hukum, maka kita akan aman dan kegiatan hari ini akan menjadi pengingat bagi kita semua., kata Pak RT, sandi politik politik Plt. Wali Kota.

Di akhir sambutan, ia mengajak seluruh ASN untuk berkomitmen menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, mendewasakan masyarakat dalam berpolitik, serta turut menjaga agar penyelenggaraan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Pasuruan 2020 berjalan kondusif, berkualitas, dan terlaksana dengan asas luber jurdil. 

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah, Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Pasuruan, para Kepala OPD, para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. (par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO