Pemkot Pasuruan Gelar FGD Bahas SDI

Pemkot Pasuruan Gelar FGD Bahas SDI

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas peningkatan peran dan fungsi statistik dalam Satu Data Indonesia (SDI). FGD ini bertema Percepatan Rilis Kota Pasuruan Dalam rangka tahun 2020 Sebagai Perwujudan Reformasi Birokrasi.

Kegiatan tersebut merupakan upaya menyebarkan informasi tentang peran dan fungsi unit kerja statistik SDI di lembaga pemerintah pusat hingga daerah Kabupaten/Kota.

Dijelaskan dalam FGD, bahwa Satu Data Indonesia (SDI) nantinya akan menjadi pusat data sebagai pedoman intansi pusat atau daerah dalam melaksanakan program. Saat ini, SDI terus dilakukan pemutakhiran agar dapat dipertanggungjawabkan.\

Kepala Badan Badan Pusat Statistik () Kota Pasuruan, Sri Kadarwati, S.Si., M.T. mengatakan, pihaknya secara rutin tiap tahun akan menerbitkan pemutakhiran data daerah dalam angka.

“FGD ini untuk memenuhi imbauan Kemenpan-RB terkait percepatan akses data demi menunjang keterbuakaan informasi publik,” kata Sri Kadarwati.

"Kegiatan FGD untuk mencetak tenaga akses percepatan data sektoral yang bisa dimanfaatkan secara baik. sendiri telah mempersiapkan sistem satu data untuk menyambut era revolusi industri 4.0. Sebagai antisipasi untuk meningkatkan integritas dan ketepatan data yang dapat dipakai dalam perumusan suatu kebijakan, yakni Sistem Data Statistik Terintegrasi (Simdasi)," jelasnya. 

Dia berharap, Simdasi dapat mengatasi inkonsistensi data sektoral. Adapun mekanisme pengumpulan data dilakukan dengan mengintegrasikan data dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk disesuaikan dengan kemampuan masing-masing daerah. (par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO