Gapai Aspirasi Masyarakat, Pemkot Mojokerto Terapkan e-Musrenbang

Gapai Aspirasi Masyarakat, Pemkot Mojokerto Terapkan e-Musrenbang Wali Kota Ita sedang mengungkapkan manfaat e-Musrenbang kepada awak media. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pemkot Mojokerto mulai menerapkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) elektronik untuk menggapai aspirasi masyarakat.

“Input melalui aplikasi e-Musrenbang cukup mudah. Sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya,” ungkap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari usai membuka kegiatan di GMSC, Selasa (14/1) pagi.

Kegiatan Musrenbang, kata Ning Ita sapaan Ika Puspitasari, adalah tahapan penting dalam perencanaan pembangunan permasalahan Kota Mojokerto. Ia berharap melalui aplikasi ini semua pihak akan dimudahkan untuk menyampaikan usulan dan sekaligus secara mudah dapat memonitor masyarakat. 

"Serta menjadi media komunikasi dan diskusi interaktif terkait pengajuan usulan,” harapnya.

Ning Ita menjelaskan, aplikasi e-Musrenbang ini adalah untuk memudahkan dalam memasukkan usulan ke dalam aplikasi ini. Nantinya, pihak kelurahan bertugas melakukan verifikasi dan pihak kecamatan memvalidasi secara berjenjang.

"Sehingga semua usulan kegiatan masyarakat akan sesuai dengan perangkat daerah yang menangani. Ditambah lagi, masyarakat dapat melakukan penelusuran terhadap usulan kegiatan yang terintegrasi dengan sistem penganggaran," jelasnya.

Aplikasi ini juga secara otomatis akan terhubung ke Pemkot Mojokerto sehingga pimpinan daerah dapat memantau langsung progress perkembangan Musrenbang. (yep/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO