Cuaca Ekstrem, Pemkot Surabaya Gelar Perantingan Besar-besaran Hingga Pasang TV Wall

Cuaca Ekstrem, Pemkot Surabaya Gelar Perantingan Besar-besaran Hingga Pasang TV Wall Kabid RTH dan PJU DKRTH Hendri Setianto didampingi Kasi RH DKRTH Rochim Yuliadi (kanan), bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M. Fikser saat jumpa pers. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) bakal melakukan perantingan besar-besaran di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Darmo selama dua hari, Sabtu-Minggu (11-12/1).

Hal ini dilakukan demi mengantisipasi pohon tumbang yang belakangan sering terjadi saat hujan disertai dengan angin kencang.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Hendri Setianto mengungkapkan, pada dasarnya DKRTH setiap hari melakukan perantingan sebelum memasuki musim hujan beberapa waktu lalu.

“Sabtu besok (11/1), kami akan melakukan perantingan besar-besaran di Jalan Ahmad Yani untuk melanjutkan perantingan kemarin (Kamis, 9/1)," kata Hendri saat jumpa pers di kantor Humas Pemkot , Jumat (10/1).

Hari Sabtu itu nanti akan dimulai pukul 05.00-12.00 WIB. Nanti Jalan Ahmad Yani itu akan ditutup selama pelaksanaan perantingan dan arus lalu lintas akan dialihkan ke frontage road sisi barat.

Tak tanggung-tanggung, perantingan ini juga akan dilakukan pemotongan pohon angsana yang memiliki ketinggian hingga 20 meter. Hendri mengatakan akan memotong pohon tersebut menjadi 10 meter, setinggi lampu-lampu PJU.

Selain mengurangi risiko roboh atau patah terkena angin kencang, Hendri menjelaskan bahwa ketinggian pohon angsana menjadi 10 meter ini tidak akan merusak estetika serta fungsi awalnya dalam mengurangi polusi udara.

"Sabtu itu kemungkinan akan dimulai dari Siwalankerto hingga Taman Pelangi. Ada sekitar 100 personil, baik dari petugas kebersihan dan Tim Kadaka," ujarnya.

Keesokan harinya (Minggu, 12/1), DKRTH juga akan melakukan perantingan besar-besaran di Jalan Darmo sekitar Taman Bungkul dan depan Rumah Sakit Darmo. Perantingan itu akan dimulai sekitar pukul 05.00-10.00 WIB.

“Perantingan ini penting karena pohon angsana itu umurnya sudah sekitar 80 tahunan, sehingga banyak yang sudah keropos,” tegasnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO