Apple dan Google Digugat karena Gunakan Kobalt untuk Bahan Batere Ponsel

Apple dan Google Digugat karena Gunakan Kobalt untuk Bahan Batere Ponsel Seorang anak laki-laki berusia 11 tahun membawa karung kobalt ke sebuah depot di Kongo. foto: theguardian

BANGSAONLINE.com - , Google, Dell, Microsoft, dan Tesla telah disebut sebagai terdakwa dalam gugatan yang diajukan di Washington DC oleh firma hak asasi manusia International Advocates atas nama 14 orang tua dan anak-anak dari Republik Demokratik Kongo (DRC).

Gugatan itu menuduh perusahaan membantu dan bersekongkol dalam kematian dan cedera serius anak-anak yang mereka klaim bekerja di tambang kobalt dalam rantai pasokan.

Dell, Microsoft dan Tesla juga di antara perusahaan teknologi yang disebutkan dalam kasus yang dibawa oleh keluarga anak-anak yang terbunuh atau terluka saat menambang di DRC

Kasus hukum yang menonjol telah diluncurkan terhadap perusahaan teknologi terbesar di dunia oleh keluarga Kongo yang mengatakan anak-anak mereka terbunuh atau cacat, ketika menambang kobalt yang digunakan untuk menyalakan smartphone, laptop dan mobil listrik, ungkap Guardian.

Keluarga dan anak-anak yang terluka mencari ganti rugi dan kompensasi lebih lanjut untuk pengayaan yang tidak adil, pengawasan yang lalai dan dampak kesengsaraan emosional yang disengaja.

Ini adalah pertama kalinya perusahaan teknologi menghadapi tantangan hukum seperti itu.

Cobalt sangat penting untuk menyalakan baterai lithium yang dapat diisi ulang. Digunakan dalam jutaan produk yang dijual , Google, Dell, Microsoft dan Tesla setiap tahun. Permintaan kobalt yang terus kurang, didorong oleh keinginan untuk teknologi genggam murah, telah meningkat tiga kali lipat dalam lima tahun terakhir dan diperkirakan akan berlipat ganda lagi pada akhir tahun 2020. Lebih dari 60% kobalt berasal dari DRC, salah satu yang termiskin dan paling tidak stabil negara di dunia.

Ekstraksi kobalt dari DRC telah dikaitkan dengan pelanggaran hak asasi manusia, korupsi, perusakan lingkungan dan pekerja anak.

Keluarga-keluarga membantah klaim bahwa anak-anak mereka bekerja secara ilegal di tambang milik perusahaan tambang Inggris Glencore.

Makalah pengadilan menyatakan bahwa kobalt dari tambang yang dimiliki Glencore dijual kepada Umicore, pedagang logam dan pertambangan yang berbasis di Brussels, yang kemudian menjual kobalt kelas baterai ke , Google, Tesla, Microsoft dan Dell.

Sumber: theguardian

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO