Studi Banding, DPRD dan Pemkab Mojokerto Dikunjungi Wabup dan DPRD Wonogiri

Studi Banding, DPRD dan Pemkab Mojokerto Dikunjungi Wabup dan DPRD Wonogiri Mardiasih, S.H., M.H., Sekwan DPRD Kab Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kinerja yang saling bersinergi dari DPRD Kabupaten Mojokerto dengan Pemkab Mojokerto dalam mewujudkan program pemerataan pembangunan di segala bidang dan peningkatan perekonomian rakyat, mendapat perhatian dari beberapa daerah. 

Hal ini bisa dilihat dari seringnya kunjungan dari dewan dan pemda lain ke Kabupaten Mojokerto untuk mempelajari maupun studi banding mengenai pelaksanaan kinerja dari dewan dan Pemkab Mojokerto.

Di antaranya adalah kunjungan DPRD Wonogiri bersama wakil bupati Wonogiri ke gedung DPRD dan kantor BPKA (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), Rabu (11/12).

Kunjungan DPRD Kabupaten Wonogiri bersama wakil bupati Wonogiri ke DPRD Kabupaten Mojokerto terkait dengan pelaksanaan tugas badan anggaran dalam penyusunan anggaran daerah, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa.

Dalam sambutannya, Edi Santosa menyampaikan bahwa, kunjungan DPRD Kabupaten Wonogiri dan Pemda Wonogiri ke Kabupaten Mojokerto menimba ilmu untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten Mojokerto. 

Banyak hal yang ingin dipelajari DPRD Kabupaten Wonogiri, di antaranya adalah penyusunan perda APBD yang dilakukan eksekutif, tentang pelaksanaan anggaran pendampingan dana bantuan provinsi atau pusat yang belum teranggarkan oleh APBD. Kemudian cara pelaksanaan eksekutif dalam hal mempertahankan atau menaikkan opini BPK, cara untuk dongkrak PAD, serta mempelajari inovatif yang diciptakan untuk menunjang pengelolahan keuangan daerah.

Pertemuannya dengan DPRD Kabupaten Mojokerto, Edi bersama rombongan mengaku ingin juga memahami dan mempelajari pembahasan kinerja masing-masing alat kelengkapan dewan. Pentingnya pendampingan bagi Banmus dalam bekerja, tugas-tugas banmus lainnya, pentingnya tata tertib dalam pembahasan serta kegiatan-kegiatan hearing rutin.

"Kami akan membawa oleh-oleh ilmu dari kinerja dewan dan Pemda Kabupaten Mojokerto ke Pemda Wonogiri untuk dilakukan pembahasan dengan satuan kerja sama lebih lanjut," jelasnya.

Sedangkan, Mardiasih Sekwan DPRD Kabupaten menyampaikan, semua kegiatan apapun dalam lingkup dewan selalu berawal dan program pencapaian target yang tepat sasaran. Dia juga menjelaskan kepada para anggota dewan dan Pemda Wonogiri mengenai pemahaman yang komprehensif tentang Permasalahan Teknis dan Manajerial dalam Merumuskan Program, Kegiatan dan Indikator Kinerja Daerah. 

"Harus diakui, keberhasilan program kerja dewan dan suksesnya pemerataan pembangunan di segala bidang, telah bersinerginya antara dewan dengan Pemkab Mojokerto," ucapnya. (ris/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO