Kamis, 04 Juni 2020 18:03

KPU Tuban Umumkan Penyerahan Dokumen Paslon Perseorangan, Berikut Jadwalnya

Kamis, 05 Desember 2019 23:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPU Tuban Umumkan Penyerahan Dokumen Paslon Perseorangan, Berikut Jadwalnya
Komisioner KPU Tuban, Zakiyah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban secara resmi mengumumkan jadwal penyerahan dokumen persyaratan bagi pasangan calon (paslon) yang maju melalui jalur perseorangan.

Komisioner KPU Tuban Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Zakiyatul M saat dihubungi, Kamis (5/12) menyatakan, pengumuman syarat dan penyerahan dukungan bagi paslon indpenden ini dimulai sejak 3 hingga 16 Desember 2019. Hal ini sesuai dengan peraturan KPU nomor 16 tahun 2019, tentang tahapan, program, dan jadwal pemilihan.

"Pengumuman ini berlangsung selama 14 hari," ujar Zakiyah.

Dia menjelaskan, paslon independen minimal harus menyerahkan 70.483 dukungan yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Tuban, dari jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019, yakni 939.765 pemilih.

Adapun dokumen yang harus disiapkan antara lain, formulir B.1-KWK yang merupakan surat pernyataan dukungan pendukung dan ditempel fotokopi e-KTP. Kemudian, dalam formulir B.1.1-KWK itu juga harus memuat tabel daftar pendukung yang ditandatangani oleh pendukung.

Selain itu, ada juga formulir B.2 -KWK yang mencakup rekapitulasi jumlah dukungan calon perseorangan yang dicetak dari aplikasi Silon atau Sistem Informasi Pencalonan.

"Sementara tahapan penyerahan dokumen tersebut, bakal dilaksanakan pada 19 sampai dengan 23 Februari 2020, di kantor KPU Tuban, Jalan Pramuka Nomor 3, Kelurahan Sidorejo Tuban," bebernya.

Kemudian, setelah berkas diserahkan, KPU Tuban melakukan proses pengecekan jumlah dukungan. Selanjutnya, dilakukan verifikasi administrasi guna mengantisipasi ada dukungan ganda.

Untuk mengonfirmasi, KPU melakukan verifikasi faktual lapangan ke pendukung dengan menggunakan sistem sensus. Hal tersebut, untuk antisipasi kepastian dukungannya.

"Ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak boleh memberikan dukungan seperti, TNI, Polri, PNS, Kepala Desa, perangkat maupun penyelenggara pemilihan," tegas Zakiyah. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...