​Bikin Pasien Nyaman, Puskesmas Kowel Juara 1 Lomba Berseri di Pamekasan

​Bikin Pasien Nyaman, Puskesmas Kowel Juara 1 Lomba Berseri di Pamekasan BERSIH DAN ASRI: Kondisi Puskesmas Kowel yang telah meraih juara 1 lomba Puskesmas Berseri di Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - UPT Puskesmas Kowel berhasil meraih juara 1 lomba Puskesmas Berseri (Bersih, Sehat, dan Asri) yang diadakan Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan.

Puskesmas Kowel berhasil menyabet juara berkat program "Eduhealth Wisata" yang merupakan perpaduan unsur pendidikan dan kesehatan. Melalui Eduhealth Wisata, para pasien khususnya masyarakat Kowel, dapat merasakan pelayanan yang baik dan sehat sehingga pasien cepat sembuh.

"Kami bersyukur bisa menjadi juara 1. Keberhasilan ini karena adanya tekad bersama dari semua staf khususnya di bawah tanggung jawab pemegang program Kesling (Kesehatan Lingkungan) Ika Kurniatullaily dan pemegang program Promkes (Promosi Kesehatan) Sakuntala Dewi," tutur Kepala Puskesmas Kowel dr. Siswanto Pabidang, Rabu (4/12).

Siswanto juga menjelaskan Eduhealth Wisata, merupakan inovasi dengan memadukan unsur pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat di wilayah UPT Puskesmas Kowel dan sekitarnya, khususnya bagi anak-anak sekolah mulai dari PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK sederajat.

"Pengunjung dapat lebih mengenal bagian-bagian atau unit pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Kowel seperti unit pemeriksaan gigi, laboratorium, unit gawat darurat sampai ke IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), dan lainnya," terangnya. 

Ia juga menjelaskan bahwa di Puskesmas Kowel juga disediakan taman bermain anak. "Bagi anak-anak balita dapat bermain di taman bermain anak yang sudah disiapkan, karena Puskesmas Kowel merupakan salah satu Puskesmas yang disurvei saat penilaian Kabupaten Layak Anak," tuturnya.

Bahkan, pengunjung juga dapat saling berinteraksi dengan petugas kesehatan, sehingga tidak ada lagi rasa takut terhadap petugas kesehatan bila berkunjung ke sekolah mereka.

"Selain itu pengunjung dapat merasakan suasana lingkungan Puskesmas Kowel yang bersahabat karena bersih, sehat, dan asri (berseri), bisa berfoto-foto atau swafoto untuk kenang-kenangan," pungkasnya.

Hasiyati, salah satu warga Kowel membenarkan bahwa berobat di Puskesmas Kowel sangat nyaman. "Kita baru masuk halamannya saja sudah terasa nyaman dan tempatnya bagus. Masyarakat di sini merasa nyaman berobat, dan bisa berlama-lama karena karena pelayanannya yang baik dan tempatnya bagus, serta ada tempat bermain untuk anak-anak," tutur Hasiyati saat ditemui di warung dekat Puskesmas kowel.

Bahkan, ia mengajak wartawan BANGSAONLINE.com berkunjung ke Puskesmas Kowel. "Kalau tidak percaya bahwa tempatnya bagus, mari mas, saya antar ke sana dekat kok dari sini," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com. (yen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO