Jumat, 05 Juni 2020 15:28

UPT Puskesmas Kowel Lakukan Penyemprotan Disinfektan Demi Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 13:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yeyen
UPT Puskesmas Kowel Lakukan Penyemprotan Disinfektan Demi Putus Rantai Penyebaran Covid-19
Seluruh pegawai dan staf UPT Puskesmas kowel juga dilakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - UPT Puskesmas Kowel Kecamatan Pamekasan Kota melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh area puskesmas, Sabtu (28/03/20). Upaya ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona di wilayahnya.

Aksi penyemprotan bekerja sama dengan FRPB (Forum Relawan Penanggulangan Bencana) Pamekasan yang tergabung di TIC (Tim Imun Corona) Bakorwil 4 Pamekasan. Tidak hanya area puskesmas, semua petugas medis Puskesmas Kowel juga turut disemprot disinfektan.

Menurut Kepala UPT Pukesmas Kowel dr. Siswanto, aksi ini selain untuk pencegahan penularan Covid-19 juga sebagai upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Corona. Petugas sebagai pelayan masyarakat harus sehat, area pelayanan juga harus bersih," jelas dr. Sis, panggilan akrabnya, Sabtu (28/03/20).

dr. Sis mengatakan, sampai saat ini Puskesmas Kowel terus melayani pemeriksaan warga yang baru datang dari luar kota. "Setiap hari kami melayani pemeriksaan warga yang pulang kampung ke Pamekasan, terutama yang berasal dari zona merah. Banyak mahasiswa dan pekerja yang mudik karena wabah virus Corona," ungkapnya.

Data terakhir di Puskesmas Kowel per Jumat (27/03/2020), ada 75 ODR (Orang Dalam Risiko), 6 ODP (Orang Dalam Pemantauan), sedangkan untuk PDP (Pasien Dalam Pengawasan) nihil.

"Untuk 75 ODR, sebarannya yaitu 9 orang di Desa Toronan, 1 Nyalabu Daya, 13 Nyalabu Laok, 15 Better, 12 Kelurahan Kowel, 2 Gladak Anyar, dan 23 Kelurahan Bugih. Sedangkan 6 ODP di Kelurahan Kolpajung 2 orang, Gladak Anyar 1, Bugih 2, Desa Bettet 1," ungkapnya.

dr. Sis menegaskan, UPT Puskesmas Kowel melakukan data komulatif yang di-update setiap hari. "Untuk hari ini (28/03/2020), teman-teman masih melakukan pendataan ke lapangan, karena adanya laporan masyarakat yang baru datang dari luar Pamekasan," ujarnya.

Ia meminta masyarakat mematuhi anjuran pemerintah demi kebaikan bersama. "Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, apalagi dalam kondisi seperti ini. Kami juga berpesan kepada masyarakat untuk rajin cuci tangan, tetap di rumah kecuali ada kepentingan yang mendesak, jaga jarak, dan tidak berkerumun, serta tidak panik," tandasnya.

Sementara Humas FRPB TIC Pamekasan, Wahyudi menyampaikan, bahwa penyemprotan disinfektan dilakukan setiap hari di berbagai tempat. "Kami siap melayani masyarakat, silakan hubungi kami di Posko TIC Bakorwil 4 apabila membutuhkan penyemprotan disinfektan," jelasnya. (yen/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...