Senin, 16 Desember 2019 19:43

Penjualan di Pasar Domestik Lemah, Semen Indonesia Genjot Ekspor

Minggu, 01 Desember 2019 14:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Penjualan di Pasar Domestik Lemah, Semen Indonesia Genjot Ekspor
Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono saat memberikan keterangan soal pangsa pasar semen domestik di saat perlambatan ekonomi. foto: ist.

SEMARANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono mengungkapkan pelemahan ekonomi dan persaingan bisnis semen, berdampak pada penjual semen di pasar domestik.

Namun demikian, kata Sigit, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (Perseroan) terus mengoptimalkan pasar regional. Tercatat periode Januari - Oktober 2019, Semen Indonesia berhasil melakukan penjualan ekspor sebesar 3,38 juta ton.

"Seluruh pengelolaan pasar eskpor dilakukan melalui PT Semen Indonesia Internasional. Mereka ini yang mengurus tentang buyers, lokasi pengiriman, dikirim dari pabrik mana, pakai angkutan apa," ujarnya di Hotel Ibis Semarang, Sabtu (30/11).

Menurut Sigit, saat ini Semen Indonesia tengah merampungkan integrasi seluruh fasilitas produksi dan distribusi pasca akuisi PT Solusi Bangun Indoensia, Tbk (SBI). Salah satunya adalah, Semen Indonesia sedang fokus menggarap pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara. Seperti Bangladesh, India, Sri Lanka, Maladewa, Filipina, dan Timor Leste.

"Pada tahun 2019 ini, Semen Indonesia berhasil memperluas jaringan ekspor di kawasan Asia Timur, salah satunya China yang sedang mengalami kekurangan produksi semen," terang Sigit.

Saat ini, lanjut Sigit, Semen Indonesia telah mengoptimalkan seluruh fasilitas distribusi baik utilisasi maupun kapasitasnya untuk mendukung pengiriman produk ke kawasan regional.

Selain itu, Semen Indonesia aktif mengikuti berbagai forum pameran dan misi dagang untuk memperkuat jaringan ekspor di negara-negara tujuan dan menjajaki pasar baru di kawasan regional.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), konsumsi semen di Indonesia hingga Oktober 2019 masih mengalami pelemahan sebesar 1,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018.

Total penjualan semen domestik sampai dengan Oktober 2019 tercatat sebesar 56,10 juta ton atau mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar 56,97 juta ton.

Menurut Sigit, melemahnya pasar lokal karena sudah selesainya masa pengerjaan proyek pemerintah dan sampai akhir tahun ini belum ada proyek pemerintah yang besar lagi. "Menurut prediksi, sampai akhir tahun 2019 pasar lokal tetap melemah, tetapi maksimal 1 persen," urainya.

Terbukti, hingga Oktober 2019 volume penjualan domestik Semen Indonesia di luar SBI, mengalami penurunan sebesar 4,1 persen menjadi 21,54 juta ton dibanding periode yang sama tahun 2018 sebesar 22,46 juta ton. Sedangkan penjualan domestik SBI juga mengalami penurunan sebesar 2,2 persen menjadi 8,47 juta ton. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...