Rabu, 19 Februari 2020 13:17

Pemkot Pasuruan Sosialisasikan Penerapan E-Planning dan E-Budgeting

Kamis, 28 November 2019 23:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ardianzah
Pemkot Pasuruan Sosialisasikan Penerapan E-Planning dan E-Budgeting

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Pasuruan menyelenggarakan Sosialisasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda Keuangan selama 3 hari, mulai hari Rabu (27/11) sampai dengan hari Jum’at (29/11) di Hotel Pelangi, Malang.

Penerapan E-Planning dan E-Budgeting ini merupakan satu amanat dari Pemerintah Pusat maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertujuan memperbaiki sistem perencanaan dan penganggaran agar terhindar dari adanya dugaan tindakan korupsi.

Melalui aplikasi E-Planning, perencanaan pembangunan dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan terintegrasi. E-Planing menjadi alat bantu dalam kegiatan perencanaan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. yang membuka acara ini mengajak para peserta untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan, sampai pertanggungjawaban keuangan.

"Perlunya kegiatan sosialisasi integrasi E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda keuangan ini diterapkan dan dimaksimalkan untuk melakukan pembenahan-pembenahan dalam pengelolaan keuangan daerah. Semoga setiap permasalahan yang muncul pada waktu penyusunan perencanaan dan penganggaran yang selama ini terjadi dapat segera diatasi dengan terintegrasinya E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda keuangan," ujarnya.

Plt. Kepala BPKA Kota Pasuruan Drs. Mochammad Amien, M.M. mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran APBD, sehingga anggaran yang disusun oleh perangkat sesuai dengan alokasi belanja, memiliki dasar analisis biaya yang akurat, dan akuntabel dan sesuai dengan RPJMD.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Perangkat Daerah dalam proses penyusunan anggaran juga akan semakin mudah dan cepat, karena sudah tersistem dan terintegrasi dengan E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda Keuangan.

"Selain itu juga memudahkan dalam menyusun dan mengoreksi RKA/DPA serta memudahkan dalam menyusun dan membuat laporan-laporan yang dibutuhkan," tuturnya.

Adapun peserta sosialisasi adalah para perencana/operator Simda Keuangan di seluruh Perangkat Daerah, Kelurahan, Puskesmas dan Perwakilan Sekolah Dasar dan Menengah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan ± 106 orang. (ard/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Rabu, 19 Februari 2020 12:00 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTentang meru...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...