Senin, 30 Maret 2020 02:22

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Jatim Dorong Tiga Komoditas Ini

Jumat, 22 November 2019 10:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Didi Rosadi
Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, Jatim Dorong Tiga Komoditas Ini
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim melayani wawancara wartawan usai acara East Java Fashion Harmony di Hotel Shangri-La Surabaya. foto: Didi Rosadi/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, ada tiga komoditas yang diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini adalah harapan dari Presiden RI Jokowi yang dikoordinasikan melalui Menko Perekonomian, Bank Indonesia (BI), Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan. Pernyataan itu disampaikan Khofifah usai membuka East Java Fashion Harmony 2019 di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (21/11) malam.

"Satu, industri pengolahan makanan dan minuman (mamin). Jatim itu nomor satu kalau industri mamin. Kedua, adalah TPT (tekstil dan produk tekstil). Jawa Tengah dan Jawa Barat lebih banyak. Tetapi, keunikan Jatim adalah ada batik, ada tenun ikat dan kualitas bordirnya. Jadi, kita ingin menunjukkan bahwa produk tekstil Jatim ini sebetulnya memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif dan komparatif. Ketiga, adalah industri alas kaki. Tiga itu yang didorong oleh pemerintah pusat supaya terus ditingkatkan kualitas dan kuantitas ekspornya," kata Khofifah.

East Java Fashion Harmony 2019 adalah acara fashion show dan display batik dari 38 kabupaten/kota se-Jatim dengan menghadirkan Guest Designer Ivan Gunawan. Juga tidak ketinggalan menampilkan karya desainer yang tergabung dalam APPMI Jatim, seperti Gita Orlin, Ulfa Mumtaza, Sheila Andina, Lia Afif, Denny Djoewardi dan Elok Re Napio.

Selain Ivan, juga hadir special guest Lourdes Valentina Figuera (Miss Grand International 2019) dan Coco Aryha Suparurk (Miss Grand Thailand 2019). Acara juga dimeriahkan komedian Cak Lontong dan artis Ruth Sahanaya dengan konser Sound of Harmony.

Khofifah berharap pada awal tahun depan akan dilakukan acara yang sama di Jakarta. Ini karena di Jakarta bisa bertemu sangat banyak desainer dan komunitas yang mempercepat pengembangan produk tekstil Jatim bisa masuk pasar besar dunia.

"Ini starting point kita, yang kita ingin akan lakukan pengembangannya di Jakarta. Karena harapan kita adalah pada saat kit mengalami penurunan pertumbuhan seperti ini, kita bisa mendorong dari tiga item itu," jelasnya.

Kemudian, langkah berikutnya adalah setiap upacara Parade Senja pada tanggal 17 setiap bulannya di Gedung Negara Grahadi Surabaya bisa menjadi arena promosi budaya, tekstil dan produk tekstil masing-masing kabupaten/kota.

"Selanjutnya, adalah Raka Raki Jatim. Saya sudah menyampaikan kepada seluruh OPD Pemprov Jatim. Kita butuh speaker, kita butuh model. Jatim sudah masuk pada bonus demografi 2019. Bagaimana kalau speakernya adalah para Raka Raki. Seperti bagaimana cinta pertanian, kalau kesehatan bukan meningkatkan derajat kesehatan, tapi bagaimana menurunkan stunting, TB dan katarak. Tema kesehatan banyak sekali. Raka Raki juga bisa menjadi Duta untuk Pendidikan, literasi dan suka membaca. Kalau Raka Raki bisa jadi speker dari tugas fungsi OPD, ini agar friendly dengan milenial dan generasi Z," pungkas gubernur perempuan pertama di Jatim itu. (mdr/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...