Minggu, 15 Desember 2019 14:26

Tafsir Al-Isra' 71: Kelak, Anda Digiring Bersama Grup "WA" Masing-masing

Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Editor: Redaksi
Tafsir Al-Isra
Ilustrasi

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.

(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpinnya; dan barang siapa diberikan catatan amalnya di tangan kanannya mereka akan membaca catatannya (dengan baik), dan mereka tidak akan dirugikan sedikit pun.

TAFSIR AKTUAL

Dipahami dengan pendekatan "umum la-lafdh", di mana ayat bisa dipahami dari makna kebahasaan, maka sangat mungkin pemimpin (imam) tersebut adalah imam madzhab. Jadinya, "Hai pengikut al-Hanafi, Hai pengikut al-Syafi'iy, Hai kelompok Wahabi dan lain-lain. Atau, Wahai pengikut Nahdlatul Ulama, Siapa pengikut Muhammadiyah, dan seterusnya.

Al-Hadis versi Abu Hurairah R.A. lebih detail lagi, bahwa kelak akan ada pengelompokan pemanggilan sesuai dengan amal tonjolannya, amal andalannya. Ada pemanggilan: "Wahai ahli sedekah, wahai ahli berpuasa, wahai ahli berjihad di jalan Allah dan seterusnya".

Lebih mengerikan lagi pemanggilan menurut riwayat versi Abu Sahl, bahwa ada juga pemanggilan sesuai komunitas, grup, kelompok, hobi yang dia gemari ketika di dunia. Jadi ada pemanggilan: "Ya al-daffaf". Mana grup penabuh kendang, seruling, drum, gamelan, organ alias kelompok seni?

Bahkan ada pemanggilan "Ya al-Nannam", wahai komunitas hoax, pengadu domba, penebar ujaran kebencian, pembuat fitnah. Jadi sangat mungkin, kalian akan digiring bersama grup WhatsApp (WA) kalian. Maka hati-hatilah masuk grup WA yang tidak manfaati. Lha, kalau grup WA-nya banyak...? Allah a'lam.

Bisa juga pemimin itu pemimpin ibadah. Jika kata imam diartikan sebagai imam shalat seperti kebiasaan kita memahami, maka benar dan bisa diterima. Maka, hati-hatilah ketika anda menjadi imam shalat. Sadarilah bahwa anda sedang memimpin ibadahnya umat, di mana kelak anda akan diminta pertanggungjawaban atas pelaksanaan shalat tersebut.

Jika shalat yang anda pimpin berkualitas, maka anda terpuji dan mendapat penghargaan pahala dari Allah SWT. Jika shalat jamaah yang anda pimpin itu buruk, seperti terlalu cepat, tidak memperhatikan tumakninah, maka anda yang akan dihakimi duluan olah Tuhan.

Apalagi jika para makmum menuntut kebijakan Tuhan karena shalat mereka buruk gara-gara ikut imam kapada anda. Anda bukan pemimpin ibadah yang lebih mengantar mereka ke surga, melainkan malah berpotensi mencelekakan mereka terbenam di neraka. Bisa jadi, pemimpin ibadah buruk disiksa duluan sebelum makmumnya. 

*Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag adalah Mufassir, Pengasuh Rubrik Tafsir Alquran Aktual HARIAN BANGSA, dan Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ), Tebuireng, Jombang.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...