Selasa, 29 September 2020 23:53

5 Mahasiswa Pingsan saat Demo di Gedung Pemkab Jember, Kapolres Telepon Bupati Tak Diangkat

Selasa, 15 Oktober 2019 14:01 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
5 Mahasiswa Pingsan saat Demo di Gedung Pemkab Jember, Kapolres Telepon Bupati Tak Diangkat
Pertemuan perwakilan mahasiswa dengan Bagian Pemerintahan Moh. Djamil, Kepala Bakesbangpol Bambang Hariyono, dan Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kericuhan dan aksi saling dorong ratusan mahasiswa dengan polisi yang terjadi saat demo terjadi akibat Bupati Faida tidak memenuhi tuntutan aksi, Selasa (15/10/2019) siang. Para mahasiswa mengharapkan bupati hadir, tetapi hanya diwakili oleh Asisten 1 Bagian Pemerintahan Moh. Djamil dan Kepala Bakesbangpol Bambang Hariyono.

Kericuhan itu bermula saat para mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) memaksa masuk ke gedung Pemkab Jember untuk menemui bupati secara langsung. Namun, hal itu dicegah polisi dan mengakibatkan terjadinya aksi dorong. Akibat aksi itu, 5 orang mahasiswa terluka dan pingsan, sehingga harus dibawa ke klinik kesehatan terdekat.

Setelah aksi saling dorong itu, Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal menemui ratusan mahasiswa. Kapolres berusaha menenangkan mereka dan mengajak perwakilan mahasiswa ke dalam gedung Pemkab Jember untuk berdiskusi.

Bahkan, Kapolres sempat berupaya menelepon Bupati Jember, Faida. Namun, upaya itu sia-sia karena berkali-kali panggilan teleponnya tidak diangkat oleh Bupati Faida.

"Kapasitas saya adalah menemui adik-adik, dan monggo disampaikan kepada kami. Saya Asisten 1 (bagian pemerintahan) dan Pak Bambang dari Bakesbangpol," ujar Moh. Djamil membuka diskusi di ruang tamu Gedung Pemkab Jember.

Ada 6 orang perwakilan mahasiswa hadir dalam pertemuan tersebut. Namun, mereka tetap menuntut untuk menemui Bupati Jember Faida. "Kami sudah terlalu lama menunggu pak, kami hari ini ingin ditemui bupati. Dulu tidak ditemui, sekarang jangan sampai tidak ditemui," ujar Roni salah seorang mahasiswa.

Perwakilan mahasiswa masih tetap ngotot untuk menemui Bupati Jember Faida. "Tetapi sesuai perintah pimpinan melalui Sekretaris Pemkab, kami menerima aspirasi dan menemui adik-adik. Tapi untuk kewenangan, dan apakah aspirasi itu diterima, itu menjadi domain bupati. Saya hanya menjalankan tugas," ujar Djamil kembali menjawab pernyataan mahasiswa.

Menurut para mahasiswa itu, pada tanggal 25 September lalu pihaknya telah menggelar aksi menuntut dibentuknya tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dan penetapan Rancangan Detail Tata Ruang (RDTR). Saat itu bupati tidak menampakkan batang hidungnya.

"Minggu kemarin kami juga sudah hearing dengan DPRD, dan memang sudah berkali-kali disurati. Kami meminta bupati untuk benar-benar memperhatikan kami. Kader kami 5 pingsan dan luka-luka gara-gara bentrok tadi, dan kami menolak minum karena sahabat saya di luar luka-luka," kata Siti Hanidah, aktivis mahasiswa lainnya sekaligus menolak tawaran minum dari Kapolres.

"Kami akan tunggu, bahkan sampai maghrib nanti kami akan menunggu. Kalau bupati tidak punya inisiatif, sampai kapan persoalan ini selesai?," tandasnya.

Menerima jawaban dan tanggapan tersebut, Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal berinisiatif untuk menelepon Bupati Jember Faida. Tapi berkali-kali tidak diangkat. "Lihat itu, Kapolres telepon aja tidak diangkat, bupati apa itu," celetuk salah satu mahasiswa.

Kapolres pun menawarkan untuk melakukan video call, tapi ditolak mahasiswa. "Saya telepon tidak diangkat, karena ibu bupati sedang sibuk. Kemudian untuk video call tawaran itu agar ada komunikasi dan terkait tanda tangan pakta integritas bisa menyusul kemudian," kata Alfian menawarkan solusi. (jbr1/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...