Kunjungi CFD di Tuban, Ini Saran Setiajit untuk Pemkab

Kunjungi CFD di Tuban, Ini Saran Setiajit untuk Pemkab Setiajit saat menyapa masyarakat Tuban di Car Free Day.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Setiajit, nampak terlihat di acara Car Free Day (CFD) di GOR Rangga Jaya Anoraga Jalan Sunan Kalijogo, Kabupaten , Minggu (13/10).

Pada kesempatan itu, Setiajit mengapresiasi antusiasme masyarakat Kabupaten yang sangat luar biasa dalam meramaikan CFD. Meski demikian, dirinya menilai masih ada yang kurang, dengan tidak tersedianya pelayanan publik.

Menurutnya, instansi terkait harus bisa memanfaatkan momen itu dengan menyediakan pelayanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat di sana. Misalnya seperti pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun pelayanan yang lain.

"Seminggu sekali ribuan orang datang ke sini, seharusnya pelayanan publik juga dihadirkan oleh dinas terkait," ujar Setiajit.

Menurut Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim ini, pelayanan publik di acara Car Free Day itu pernah diterapkannya saat dirinya menjabat sebagai Plt Bupati Kabupaten Jombang. Ia mengklaim hasilnya luar biasa dan masyarakat merasa senang.

"Membuat KTP yang sebelumnya antre dan harus menunggu berbulan-bulan baru jadi, dengan kebijakan itu bisa memangkas waktu waktu," ungkapnya.

Selain pelayanan publik, menurutnya, CFD juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan ruang yang sangat terbuka dengan menghadirkan pentas kebudayaan lokal agar kebudayaan lokal dikenal masyarakat luas saat itu. "Seperti sekarang kan momen Hari Pekan Kebudayaan Nasional, ini bisa dimanfaatkan untuk pamer budaya, seni dan lainnya," kata dia.

Sekadar diketahui, saat ini pejabat asal ini sedang serius untuk bertarung di Pilkada Kabupaten tahun 2020 mendatang. Bukti keseriusan itu telah dilakukan dengan mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati (bacabup) dan melakukan lobi-lobi di sejumlah partai politik (parpol). Pejabat yang disebut-sebut menjadi calon kuat Sekda Provinsi Jawa Timur itu juga sudah mendapatkan restu dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk maju menjadi bupati . (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO