Pemkab Gresik Sepi, Bupati Lawatan ke Jepang, Wabup ke Bawean

Pemkab Gresik Sepi, Bupati Lawatan ke Jepang, Wabup ke Bawean Petugas menyiapkan stand IKM Gresik yang dipamerkan di Jepang. foto: ist.

GRESIK, BANGSAOLINE.com - Kantor dan pendopo Pemkab Gresik bakal sepi. Bupati Sambari Halim Radianto dan Wabup Moh. Qosim terhitung mulai 3 - 6 Oktober tak berada di kantor. Bupati lawatan ke Jepang dan Wabup mengikuti Sail Indonesia to Bawean. Beberapa kepala dinas pun akan menyertai kunjungan mereka.

Bupati ke Jepang mengajak serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Begitu juga dengan Wabup. Tidak hanya mereka, sejumlah pimpinan dan anggota DPRD Gresik juga ikut hadiri Sail Indonesia to Bawean.

Asisten II Sekda Gresik, Ida Lailatus Sa'diyah menyatakan, bupati bersama sejumlah Kepala OPD seperti Kepala Diskop UKM dan Perindag Agus Budiono berkunjung ke Jepang dalam rangka menghadiri undangan dari Konsulat Jendral (Konjen) Jepang untuk paparan dan pameran di acara Indonesia Japan Festa 2019.

Kunjungan Bupati juga didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Gresik, Hj. Maria Ulfa Sambari. Selain menghadiri pameren Indonesia Japan Festa, rombongan juga diundang KJRI Jepang untuk promosi investasi dan produk-produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Jadi, saya juga ikut mendampingi Pak Bupati. Kedatangan Pak Bupati bersama rombongan dalam rangka memenuhi undangan Konjen dan KJRI Jepang. Bupati berangkat Kamis (4/10) hingga Minggu (6/10)," ujarAsisten II, Sabtu (5/10).

Agus Budiono membenarkan adanya kunjungan Bupati bersama rombongan ke Jepang dalam rangka promosi Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Kami membutuhkan terobosan pasar untuk promosikan produk putra Gresik, karena peluang sangat besar baik untuk produk-produk makanan dan minuman (mamin) dan lainnya," kata dia.

Lanjut Agus, sebenarnya ada empat kota lain yang diundang yakni Sidoarjo, Lamongan, Surabaya, dan Banyuwangi, namun hanya Gresik yang siap. Gresik tetap berangkat karena hal ini menyakut investasi. "Pada 9 Oktober 2019 dilanjut investor Osaka Jepang datang ke Jatim di Surabaya. Mereka diharapkan juga bisa ke Gresik untuk investasi," tukas Agus.

Jika Bupati ke Jepang, sementara Wabup Moh. Qosim ke Bawean dalam rangka menghadiri Sail Indonesia to Bawean yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kemaritiman RI.

“Sail Indonesia to Bawean dihadiri puluhan kapal pesiar dari berbagai belahan dunia. Harapan kami dengan adanya Sail Indonesia to Bawean bisa mempromosikan destinasi wisata di pulau putri,” kata Kepala Disbudpar Gresik Agustin Halomoan Sinaga saat dikonfirmasi. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO