Kamis, 09 Juli 2020 06:01

TRC PAI Banyuwangi Gelar Edukasi Soal Kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak

Jumat, 04 Oktober 2019 20:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ganda Siswanto
TRC PAI Banyuwangi Gelar Edukasi Soal Kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak
Kades Wonosobo bersama Ketua TRC PAI korda Banyuwangi serta narasumber saat memberikan materi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak Indonesia (TRC PAI) Korda Banyuwangi bekerja sama dengan Pemerintah Desa Wonosobo untuk menyikapi maraknya kekerasan pada anak.

Yakni dengan melakukan gerakan preventif dan edukatif. Juga melakukan sosialisasi dan edukasi tentang perlindungan anak yang dilaksanakan di aula kantor Desa Wonosobo, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jumat (4/10).

Tema kegiatan ini, Optimalisasi Kecerdasan dan Prestasi Anak Melalui Pola Komunikatif Asah, Asih, dan Asuh yang Efektif, Motivatif, Inspiratif dan Partisipan Berbasis Ilmu Spritual Smart Parenting. Sosialisasi ini digelar dengan tujuan utama memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kekerasan bukan hanya dari fisik, tapi juga kekerasan psikologis.

Wawan Harianto, selaku Ketua Korda Banyuwangi memaparkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TRC PAI terhadap anak. Di mana sekarang ini banyak kekerasan pada anak, seperti pemukulan hingga pemerkosaan.

"Selain itu, sekarang ini anak-anak sudah banyak yang terjerumus di pergaulan bebas yang dapat membahayakan jiwanya seperti banyak yang terlibat obat-obatan terlarang, narkoba, minum-minuman keras hingga balap liar," paparnya.

Dalam hal ini, pihaknya akan menyosialisasikan kegiatan edukasi perlindungan anak ini dari desa ke desa. Dikarenakan menurutnya, wilayah desa rentan sekali terjadi kekerasan anak di bawah umur.

Pj Kepala Desa Wonosobo H. Sariyono juga ikut angkat bicara. Dia berharap ke depannya di Wonosobo maupun di wilayah lain di Kabupaten Banyuwangi tidak ada lagi permasalahan tentang kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

"Pengarahan dalam kegiatan ini semoga mejadi edukasi yang bermanfaat dan bisa mengingatkan semua kalangan baik di lingkup masyarakat desa, sekolah, maupun keluarga untuk tidak melakukan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak," harapnya.

Ia meminta kepada semua keluarga agar lebih ketat lagi mengawasi anak-anaknya dalam bergaul, supaya tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. 

Turut hadir, Kepala Dusun (Kadus), PKK dan guru TK se-Desa Wonosobo dan juga warga setempat. (gda/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...