Selasa, 11 Agustus 2020 16:41

Pimpinan Dilantik, DPRD Sidoarjo Kebut Pembentukan AKD

Sabtu, 21 September 2019 11:13 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
Pimpinan Dilantik, DPRD Sidoarjo Kebut Pembentukan AKD
Pimpinan DPRD Sidoarjo 2019-2024 saat mengucapkan sumpah jabatan, Jumat (20/9). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - DPRD Sidoarjo segera menyelesaikan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Langkah itu pasca dilantiknya pimpinan DPRD Sidoarjo definitif, Jumat (20/9).

Ketua DPRD Sidoarjo Usman menyatakan, pihaknya langsung menggelar rapat dengan pimpinan fraksi. Agenda rapat, membahas tentang AKD yakni pembentukan Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Bapem Perda dan Badan Kehormatan (BK).

Namun, kata Usman, hal yang paling mendesak, pihaknya segera berkomunikasi dengan Pemprov Jatim. Itu terkait Raperda Tata Tertib (Tatib) yang sudah difinalisasi agar dapat fasilitasi dari Pemprov Jatim.

"Karena kalau itu belum turun, kami tidak bisa membentuk AKD," beber mantan Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo ini, Jumat (21/9).

Usman juga menyatakan, rapat dengan pimpinan fraksi pada Jumat (20/9) usai acara pelantikan pimpinan DPRD Sidoarjo itu, membahas kesepakatan soal Banggar dan Banmus dibuat lebih dahulu. Jika rapat menghasilkan kesepakatan, maka Banggar dan Banmus bakal diumumkan dalam rapat paripurna internal pada Senin pekan depan.

Usman kini resmi menahkodai DPRD Sidoarjo periode 2019-2024. Politikus PKB asal Kecamatan Sedati ini telah diambil sumpahnya sebagai Ketua DPRD Sidoarjo, Jumat (20/9) siang. Selain Usman, juga dilakukan pengambilan sumpah terhadap tiga wakil ketua DPRD Sidoarjo periode 2019-2024, yakni Bambang Riyoko (PDI-P), Kayan (Gerindra) dan Emir Firdaus (PAN).

Pimpinan DPRD Sidoarjo diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo Dr Yapi, atas nama Ketua Makhamah Agung (MA). Usai prosesi pelantikan, Usman lalu memimpin Rapat Paripurna menetapkan nama dan susunan fraksi di DPRD Sidoarjo.

Ada tujuh fraksi. Yakni Fraksi PKB, Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN-PPP, Fraksi Golkar, Fraksi PKS dan Fraksi NasDem-Demokrat.

Rapat paripurna pengucapan sumpah pimpinan DPRD Sidoarjo 2019-2024 ini dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sidoarjo. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap bisa menjalin kemitraan yang baik dengan DPRD Sidoarjo. (sta/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...