Pimpinan Dilantik, DPRD Sidoarjo Kebut Pembentukan AKD

Pimpinan Dilantik, DPRD Sidoarjo Kebut Pembentukan AKD Pimpinan DPRD Sidoarjo 2019-2024 saat mengucapkan sumpah jabatan, Jumat (20/9). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - DPRD Sidoarjo segera menyelesaikan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Langkah itu pasca dilantiknya pimpinan DPRD Sidoarjo definitif, Jumat (20/9).

Ketua DPRD Sidoarjo Usman menyatakan, pihaknya langsung menggelar rapat dengan pimpinan fraksi. Agenda rapat, membahas tentang AKD yakni pembentukan Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Bapem Perda dan Badan Kehormatan (BK).

Namun, kata Usman, hal yang paling mendesak, pihaknya segera berkomunikasi dengan Pemprov Jatim. Itu terkait Raperda Tata Tertib (Tatib) yang sudah difinalisasi agar dapat fasilitasi dari Pemprov Jatim.

"Karena kalau itu belum turun, kami tidak bisa membentuk AKD," beber mantan Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo ini, Jumat (21/9).

Usman juga menyatakan, rapat dengan pimpinan fraksi pada Jumat (20/9) usai acara pelantikan pimpinan DPRD Sidoarjo itu, membahas kesepakatan soal Banggar dan Banmus dibuat lebih dahulu. Jika rapat menghasilkan kesepakatan, maka Banggar dan Banmus bakal diumumkan dalam rapat paripurna internal pada Senin pekan depan.

Usman kini resmi menahkodai DPRD Sidoarjo periode 2019-2024. Politikus PKB asal Kecamatan Sedati ini telah diambil sumpahnya sebagai Ketua DPRD Sidoarjo, Jumat (20/9) siang. Selain Usman, juga dilakukan pengambilan sumpah terhadap tiga wakil ketua DPRD Sidoarjo periode 2019-2024, yakni Bambang Riyoko (PDI-P), Kayan (Gerindra) dan Emir Firdaus (PAN).

Pimpinan DPRD Sidoarjo diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo Dr Yapi, atas nama Ketua Makhamah Agung (MA). Usai prosesi pelantikan, Usman lalu memimpin Rapat Paripurna menetapkan nama dan susunan fraksi di DPRD Sidoarjo.

Ada tujuh fraksi. Yakni Fraksi PKB, Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN-PPP, Fraksi Golkar, Fraksi PKS dan Fraksi NasDem-Demokrat.

Rapat paripurna pengucapan sumpah pimpinan DPRD Sidoarjo 2019-2024 ini dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sidoarjo. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap bisa menjalin kemitraan yang baik dengan DPRD Sidoarjo. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO