Sabtu, 19 Oktober 2019 07:38

Investor Tiongkok Tawarkan Moda Transportasi Massal Skytrain ke Pemprov Jatim

Rabu, 18 September 2019 00:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Investor Tiongkok Tawarkan Moda Transportasi Massal Skytrain ke Pemprov Jatim
Skytrain di Tiongkok. foto: South China Morning Post

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Investor bidang transportasi Aerobus dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menawarkan moda transportasi Skytrain, sejenis kereta gantung ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Lima orang yang datang dan melakukan presentasi diterima langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Senin (16/9) malam.

Kepada wartawan, Gubernur Khofifah mengatakan akan mempelajari hasil paparan yang disampaikan oleh para investor. Selain itu juga menunggu lembaran Perpres, dan pengesahannya.

"Mereka menyampaikan minatnya untuk berinvestasi, yang ditawarkan mirip MRT, sejenis kereta gantung. Selain untuk angkutan massal, bisa juga dipakai untuk kontainer di saat tidak lagi mengangkut penumpang. Misalnya, jika malam hari antara Tanjung Perak dengan area-area industri, misalnya dari Sier atau dari Gerbangkertasusila," kata Khofifah.

(Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan usai menerima calon investor skytrain dari RRT di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

Angkutan itu sangat dimungkinkan untuk interkoneksi dari wilayah atau area-area sentra industri, di Gerbangkertasusila.

"Tadi panjang lebar kita diskusikan tentang kebutuhan koneksitas public transportation. Selain ramah lingkungan, juga tidak membutuhkan lahan yang harus untuk dibebaskan, dan Skytrain ini adalah generasi keenam," tambahnya.

Melengkapi yang disampaikan Gubernur Khofifah, Mr Cui Xi Vice General Manager (VGM) Aerobus menjelaskan, angkutan massal berupa Skytrain adalah moda transportasi yang murah dibanding jenis lainnya.

"Skytrain ini cocok di segala medan, termasuk untuk ketinggian dan kemiringan, atau menyeberangi sungai. Dia menggunakan kabel, tetapi bukan kabelnya yang berputar," ujar Mr Cui Xi.

Kapan rencana itu segera diwujudkan? Menurut Gubernur Khofifah pihaknya masih menunggu turunnya lampiran Perpres. Ditambahkan, Perpresnya juga masih dibahas oleh pemerintah pusat dengan kementerian lainnya.

Kalau lampiran Perpres sudah diterima, pihaknya kembali akan mengundang para calon investor untuk mempresentasikan. Baik yang investor baru maupun yang sebelumnya pernah datang.

"Pada saatnya nanti kita ingin mengundang para calon investor, baik yang sudah pernah datang maupun yang baru. Termasuk membahas titik-titiknya, dan di titik tertentu itu kita membutuhkan kapasitas berapa," urainya.

Ditambahkan, moda transportasi itu tidak hanya untuk angkutan massal tetapi juga logistik, barang dan jasa. Percepatan pembangunan sarana transportasi di Jatim itu, juga tengah dibahas di Kemenko Perekonomian di Jakarta.

"Tadi pagi saya juga ikut rapat, jadi untuk membangun Gerbangkertasusila dengan konektivitas public transport itu kira-kira membutuhkan anggaran berapa. Termasuk berapa nilai investasinya, tentu saya tidak bisa menyampaikan ini sebelum final," ucap gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Khofifah menegaskan, yang dilakukan adalah upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong peningkatan PDRB.

Selain di Gerbangkertasusila, juga dimungkinkan diterapkan di kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kemudian, di Malang Raya serta Lingkar Wilis. Itu dimaksudkan selain percepatan konektivitas juga akan menambah devisa dari sektor pariwisata dan pertumbuhan pendapatan masyarakat sekitar. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...