Investor Tiongkok Tawarkan Moda Transportasi Massal Skytrain ke Pemprov Jatim

Investor Tiongkok Tawarkan Moda Transportasi Massal Skytrain ke Pemprov Jatim Skytrain di Tiongkok. foto: South China Morning Post

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Investor bidang transportasi Aerobus dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menawarkan moda transportasi Skytrain, sejenis kereta gantung ke Pemerintah Provinsi . Lima orang yang datang dan melakukan presentasi diterima langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Senin (16/9) malam.

Kepada wartawan, Gubernur Khofifah mengatakan akan mempelajari hasil paparan yang disampaikan oleh para investor. Selain itu juga menunggu lembaran Perpres, dan pengesahannya.

"Mereka menyampaikan minatnya untuk berinvestasi, yang ditawarkan mirip MRT, sejenis kereta gantung. Selain untuk angkutan massal, bisa juga dipakai untuk kontainer di saat tidak lagi mengangkut penumpang. Misalnya, jika malam hari antara Tanjung Perak dengan area-area industri, misalnya dari Sier atau dari Gerbangkertasusila," kata Khofifah.

(Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan usai menerima calon investor dari RRT di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

Angkutan itu sangat dimungkinkan untuk interkoneksi dari wilayah atau area-area sentra industri, di Gerbangkertasusila.

"Tadi panjang lebar kita diskusikan tentang kebutuhan koneksitas public transportation. Selain ramah lingkungan, juga tidak membutuhkan lahan yang harus untuk dibebaskan, dan Skytrain ini adalah generasi keenam," tambahnya.

Melengkapi yang disampaikan Gubernur Khofifah, Mr Cui Xi Vice General Manager (VGM) Aerobus menjelaskan, angkutan massal berupa Skytrain adalah moda transportasi yang murah dibanding jenis lainnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO