Kamis, 09 Juli 2020 22:42

Investor Tiongkok Tawarkan Moda Transportasi Massal Skytrain ke Pemprov Jatim

Rabu, 18 September 2019 00:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Investor Tiongkok Tawarkan Moda Transportasi Massal Skytrain ke Pemprov Jatim
Skytrain di Tiongkok. foto: South China Morning Post

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Investor bidang transportasi Aerobus dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menawarkan moda transportasi Skytrain, sejenis kereta gantung ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Lima orang yang datang dan melakukan presentasi diterima langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Senin (16/9) malam.

Kepada wartawan, Gubernur Khofifah mengatakan akan mempelajari hasil paparan yang disampaikan oleh para investor. Selain itu juga menunggu lembaran Perpres, dan pengesahannya.

"Mereka menyampaikan minatnya untuk berinvestasi, yang ditawarkan mirip MRT, sejenis kereta gantung. Selain untuk angkutan massal, bisa juga dipakai untuk kontainer di saat tidak lagi mengangkut penumpang. Misalnya, jika malam hari antara Tanjung Perak dengan area-area industri, misalnya dari Sier atau dari Gerbangkertasusila," kata Khofifah.

(Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan usai menerima calon investor skytrain dari RRT di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE)

Angkutan itu sangat dimungkinkan untuk interkoneksi dari wilayah atau area-area sentra industri, di Gerbangkertasusila.

"Tadi panjang lebar kita diskusikan tentang kebutuhan koneksitas public transportation. Selain ramah lingkungan, juga tidak membutuhkan lahan yang harus untuk dibebaskan, dan Skytrain ini adalah generasi keenam," tambahnya.

Melengkapi yang disampaikan Gubernur Khofifah, Mr Cui Xi Vice General Manager (VGM) Aerobus menjelaskan, angkutan massal berupa Skytrain adalah moda transportasi yang murah dibanding jenis lainnya.

"Skytrain ini cocok di segala medan, termasuk untuk ketinggian dan kemiringan, atau menyeberangi sungai. Dia menggunakan kabel, tetapi bukan kabelnya yang berputar," ujar Mr Cui Xi.

Kapan rencana itu segera diwujudkan? Menurut Gubernur Khofifah pihaknya masih menunggu turunnya lampiran Perpres. Ditambahkan, Perpresnya juga masih dibahas oleh pemerintah pusat dengan kementerian lainnya.

Kalau lampiran Perpres sudah diterima, pihaknya kembali akan mengundang para calon investor untuk mempresentasikan. Baik yang investor baru maupun yang sebelumnya pernah datang.

"Pada saatnya nanti kita ingin mengundang para calon investor, baik yang sudah pernah datang maupun yang baru. Termasuk membahas titik-titiknya, dan di titik tertentu itu kita membutuhkan kapasitas berapa," urainya.

Ditambahkan, moda transportasi itu tidak hanya untuk angkutan massal tetapi juga logistik, barang dan jasa. Percepatan pembangunan sarana transportasi di Jatim itu, juga tengah dibahas di Kemenko Perekonomian di Jakarta.

"Tadi pagi saya juga ikut rapat, jadi untuk membangun Gerbangkertasusila dengan konektivitas public transport itu kira-kira membutuhkan anggaran berapa. Termasuk berapa nilai investasinya, tentu saya tidak bisa menyampaikan ini sebelum final," ucap gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Khofifah menegaskan, yang dilakukan adalah upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong peningkatan PDRB.

Selain di Gerbangkertasusila, juga dimungkinkan diterapkan di kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS). Kemudian, di Malang Raya serta Lingkar Wilis. Itu dimaksudkan selain percepatan konektivitas juga akan menambah devisa dari sektor pariwisata dan pertumbuhan pendapatan masyarakat sekitar. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...