Senin, 16 Desember 2019 06:01

Pupuk Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kabupaten Karo

Kamis, 12 September 2019 23:55 WIB
Editor: .
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pupuk Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kabupaten Karo
Dari kiri ke kanan: Kepala Dinas Pertanian Kab. Karo Munarta Ginting; GM Pabrik II Petrokimia Gresik (PG) Bachronsyah; Wakil Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumut Ir. Akmal M.Si; dan Sekda Kab Karo.

KARO, BANGSAONLINE.com - PT Petrokimia Gresik (PG) menyelenggarakan panen bersama dalam rangka "Gelar Teknologi Budidaya Jeruk Menggunakan Pupuk NPK Petro Nitrat" di Desa Kubu Colia, Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Prov. Sumatera Utara, Kamis (12/9).

Direktur Pemasaran (Dirsar) PG, Meinu Sadariyo mewakili Direktur Utama PG, Rahmad Pribadi menyampaikan bahwa panen bersama ini merupakan sarana bagi PG yang juga anggota holding PT Pupuk Indonesia untuk memperkenalkan pupuk NPK Petro Nitrat kepada petani.

Produk inovasi tersebut merupakan bentuk komitmen PG dalam mewujudkan perusahaan solusi agroindustri serta meningkatkan hasil pertanian di Indonesia. "Produk ini telah dilakukan uji demplot (demonstration plot) di berbagai lokasi di Indonesia oleh Petrokimia Gresik baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak independen, khususnya BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) di beberapa provinsi. Hasil dari berbagai uji demplot multilokasi tersebut menujukkan adanya peningkatan hasil panen secara nyata pada tanaman," ujarnya.

Khusus untuk uji demplot pupuk NPK Petro Nitrat pada tanaman jeruk siam madu di Kabupaten Karo, lanjut Meinu, merupakan kerja sama PG dengan BPTP Provinsi Sumatera Utara.

Penerapannya menggunakan aplikasi NPK Petro Nitrat sebanyak 115 kilogram (kg) untuk tiap hektare (ha), kemudian pupuk ZK sebanyak 7 kg per ha dan Petroganik seberat 414 kg per ha.

Penerapan aplikasi ini mampu meningkatkan hasil panen jeruk hingga sebesar 60 kg per pohon dalam setahun dibandingkan dengan hasil kebiasaan petani. "Dengan adanya bukti nyata dan keberhasilan ini, kami berharap agar petani di wilayah Kabupaten Karo menduplikasi teknologi pemupukan berimbang Petrokimia Gresik ini sehingga mendapat hasil panen yang melimpah," tandas Meinu.

Kabupaten Karo merupakan salah satu sentra hortikultura di Sumatera Utara. Kondisi alam yang subur menjadikan wilayah ini sangat cocok untuk berbagai komoditas pertanian hortikultura. Untuk itu, pertanian menjadi salah satu roda ekonomi di Kabupaten Karo.

Dipilihnya Kabupaten Karo sebagai lokasi demplot pupuk NPK Petro Nitrat merupakan bentuk kepedulian PG untuk pembangunan pertanian di Kabupaten Karo.

Dengan semangat yang sama, PG juga berupaya terus melakukan inovasi untuk menciptakan produk yang dibutuhkan petani, mulai dari menciptakan pupuk organik yang bermanfaat dalam kesuburan tanah (Petroganik), pupuk anorganik berkualitas tinggi (Pupuk Phonska Plus), menciptakan varietas benih unggul, penyeimbang pH tanah (Kaptan), bio dekomposer (Gladiator Cair), pupuk hayati dan lain sebagainya. (hud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...