Senin, 14 Oktober 2019 19:03

Emil Dardak Apresiasi Pendirian Hotel Mukmin Mandiri dan Launching Koperasi Perajin Emas Nusantara

Rabu, 04 September 2019 23:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Emil Dardak Apresiasi Pendirian Hotel Mukmin Mandiri dan Launching Koperasi Perajin Emas Nusantara
Wagub Jatim Emil Dardak bersama Menteri Koperasi dan UMKM, A.A.G.N. Pispayoga, Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj dan Ketua PWNU Jatim, KH. Marzuki Mustamar saat menghadiri peresmian Hotel Mukmin Mandiri dan Launching Koperasi Pengrajin Emas Nusantara di Jl. Perak Timur 404 Surabaya, Rabu (4/9). foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengapresiasi berdirinya Hotel Mukmin Mandiri dan Koperasi Pengrajin Emas Nusantara yang didirikan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Mukmin Mandiri Sidoarjo.

Emil Dardak, sapaan Wagub Jatim itu menilai, berdirinya kedua usaha tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi peningkatan ekonomi daerah serta memberdayakan ekonomi umat lewat Nahdlatul Ulama (NU).

“Kami memberikan apresiasi atas berdirinya Hotel Mukmin Mandiri ini yang keberadaannya akan mendukung mobilisasi ekonomi maupun perdagangan masyarakat di Jatim,” ungkap Emil Dardak saat menghadiri peresmian Hotel Mukmin Mandiri dan Launching Koperasi Pengrajin Emas Nusantara di Jl. Perak Timur 404 Surabaya, Rabu (4/9).

Ia berharap keberadaan Hotel Mukmin Mandiri dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan kamar di tengah banyaknya permintaan dan kebutuhan akan akomodasi perhotelan dan pariwisata.

Apalagi saat ini, sebut Emil Dardak, Jatim khususnya Surabaya telah ditetapkan oleh Kementerian Parwisata (Kemenpar) RI sebagai salah satu daerah tujuan wisata dan perdagangan yang memiliki kekuatan ekonomi yang baik.

Bahkan Kota Surabaya sendiri telah ditunjuk oleh Kemenpar RI sebagai pusat Meeting, Incentives, Conference, Events/Exebition (Mice).

"Artinya, kegiatan tersebut sangat berkaitan dengan industri pariwisata khususnya bagi penyelenggaraan pameran, konverensi dan kegiatan lain," ujarnya.

Emil Dardak menyebut, peluang seperti itu harus terus dioptimalkan dan ditangkap untuk dijadikan peluang yang bisa disinergikan dengan keberadaan perhotelan.

Bahkan, untuk mendukung salah satu tujuan wisata yang ditetapkan Kemenpar RI, Pemprov Jatim akan mengembangkan potensinya di sisi kaki Jembatan Suramadu yang rencananya akan didirikannya Indonesian Islamic Science Park (IISP).

"Jika kesemuanya terwujud maka Surabaya dan Jatim akan memiliki peranan besar, sehingga keberadaan hotel dan restoran dapat mendukung tujuan wisata dan perdagangan bagi masyarakat," tegasnya.

Terkait launching Koperasi Pengrajin Emas, Emil Dardak berpesan agar seluruh pengrajin emas bisa terus meningkatkan kemampuan diri agar emas yang dihasilkan bernilai dan bermutu tinggi. Bahkan, keberadaan industri emas sendiri menjadi salah satu penyumbang ekspor terbesar di Jatim.

Menteri Koperasi dan UMKM A.A.G.N. Puspayoga mengatakan, keberadaan Hotel Mukmin Mandiri ini harus bisa membuat pengunjungnya aman dan nyaman.

"Ini merupakan tantangan bagi pengelola hotel. Karena kalau pengunjung merasa nyaman maka konsumen akan datang lagi," ungkapnya.

(Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Ketua PBNU melihat karya pengrajin emas nusantara di Perak Surabaya)

Terkait Koperasi Pengrajin Emas Nusantara, Menkop Puspayoga meminta agar para pengrajin emasnya bisa dibuatkan wadah dalam bentuk koperasi. Pernintaan itu disampaikan agar hasil kerajinan mereka mendapatkan kemudahan biaya terutama pada saat ekspor.

“Langkah launching koperasi pengrajin emas ini sangatlah bagus sekali, nantinya pengrajin emas dan perak bisa dibuatkan koperasi dan diinformasikan di seluruh Jatim,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jika para pengrajin emas bisa bergabung dan memiliki badan usaha dalam bentuk koperasi, maka mereka bukan sekedar buruh, tapi memiliki banyak keuntungan. Antara lain, setiap tahun keuntungannya yang dihasilkan bisa dibagi ke semua anggota.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Mukmin Mandiri Sidoarjo, KH. Muhammad Zaki mengatakan, peresmian hotel ini merupakan, energi yang luar biasa. Terutama dalam memberikan sumbangsih kepada umat.

“Keberadaan hotel ini juga diharapkan memberikan sumbangsih positif dan besar sehingga manfaatnya dirasakan langsung kepada ummat,” imbuhnya. (mdr)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...