Percepat Penanganan Kawasan Kumuh, Pemkot Pasuruan Gelar Workshop 'Kotaku'

Percepat Penanganan Kawasan Kumuh, Pemkot Pasuruan Gelar Workshop

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjen Cipta Karya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pasuruan menyelenggarakan workshop kolaborasi antar stakeholders dalam penyelesaian masalah kumuh, Kamis (29/8) bertempat di Rumah Makan Kurnia Jalan Ahmad Yani Pasuruan.

Workshop itu sekaligus untuk memaksimalkan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) yang merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Dirjen Cipta Karya dalam rangka percepatan penanganan kawasan kumuh. 

Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. Bahrul Ulum, M.M dihadiri Kepala OPD terkait, pihak universitas, pihak swasta, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pasuruan, narasumber, 35 orang peserta workshop, serta undangan lain.

Sekda Bahrul Ulum mengatakan tujuan workshop ini untuk menyosialisasikan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) serta mengolaborasikan antara stakeholders. Menurutnya, permasalahan Kota Kumuh menjadi tanggung jawab seluruh pihak.

"Dalam menyelesaikan kawasan kota kumuh, terlebih di wilayah pesisir Kota Pasuruan, harus ada upaya-upaya bersama antar lintas sektor. Kita tidak boleh berhenti terhadap program Pemerintah Pusat, karena Pemerintah Pusat sifatnya membantu program dan kegiatan yang ada di Kabupaten maupun di Kota," tuturnya.

"Untuk mencegah dan meminimalisir terhadap munculnya kawasan kumuh baru yang ada di Kota Pasuruan, maka Pemerintah Kota Pasuruan akan membuat dan memperkuat regulasi terkait hal tersebut. Mudah-mudahan dengan workshop ini, bisa memberikan masukan dan kebijakan dalam hal percepatan penyelesaian kawasan kumuh yang ada di Kota Pasuruan serta bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Di samping itu juga untuk membangun Kota Pasuruan yang lebih baik dan sejahtera," pungkasnya. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO