Gubernur Papua: Referendum Bukan Saya, Itu Urusan Negara

Gubernur Papua: Referendum Bukan Saya, Itu Urusan Negara Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubenur Lukas Enembe menegaskan jika Referendum merupakan urusan negara. Hal ini ia sampaikan saat menggelar konferensi pers usai kedatangannya ke asrama mahasiswa di jalan Kalasan, Surabaya, ditolak oleh mahasiswa setempat, Selasa (27/8).

"Referendum bukan saya, itu urusan negara. Referendum is solution, itu kan yang selama ini kami terima di mana-mana. Tapi itu bukan gubernur, itu ranah Kepala Negara," ujar Enembe didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki di Grand Dafam.

Dalam kesempatan itu, Lukas Enembe juga mengungkapkan kekecewaannya atas sikap para mahasiswa di dalam asrama. "Sebagai kepala daerah saya kecewa sikap seperti itu. Kalau bicara referendum itu bukan gubernur, itu urusan dengan negara," terangnya lagi.

Ditanya terkait solusi untuk menyudahi konflik , ia mengaku sudah melaporkan masalah itu ke Presiden. "Saya sudah lapor ke Jokowi. Jokowi adalah Kepala Negara," imbuhnya.

Lukas Enembe juga membantah adanya gerakan merdeka di belakang mahasiswa. "Gerakan merdeka di sana (asrama mahasiswa, Red) itu gak ada. Itu mereka (gerakan merdeka) orang di sana, yang bawa senjata," tegasnya.

"Itu murni mahasiswa. Tapi kita nggak tahu apakah mereka ini mahasiswa semua ataukah ada yang tidak kuliah, ya itu aja," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubenur Lukas Enembe ditolak saat mengunjungi asrama di Jalan Kalasan Surabaya. Mahasiswa enggan membuka pintu gerbang begitu rombongan Gubernur dan Gubernur Jatim tiba.

"Lepas Garuda dulu kalau ke sini, lepas garuda," teriak para mahasiswa dari dalam asrama. Bahkan mereka juga sempat menggebrak pintu gerbang. 

Lukas Enembe hanya sejenak menunggu di depan pintu gerbang. Karena mendapat penolakan itu, ia kemudian meninggalkan lokasi. (ana/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kembali Berduka! Ratusan Rumah di Papua Terbakar!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO