Minggu, 22 September 2019 17:58

Gubernur Papua: Referendum Bukan Saya, Itu Urusan Negara

Rabu, 28 Agustus 2019 00:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Gubernur Papua: Referendum Bukan Saya, Itu Urusan Negara
Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubenur Papua Lukas Enembe menegaskan jika Referendum merupakan urusan negara. Hal ini ia sampaikan saat menggelar konferensi pers usai kedatangannya ke asrama mahasiswa Papua di jalan Kalasan, Surabaya, ditolak oleh mahasiswa setempat, Selasa (27/8).

"Referendum bukan saya, itu urusan negara. Referendum is solution, itu kan yang selama ini kami terima di mana-mana. Tapi itu bukan gubernur, itu ranah Kepala Negara," ujar Enembe didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki di Grand Dafam.

Dalam kesempatan itu, Lukas Enembe juga mengungkapkan kekecewaannya atas sikap para mahasiswa di dalam asrama. "Sebagai kepala daerah saya kecewa sikap seperti itu. Kalau bicara referendum itu bukan gubernur, itu urusan dengan negara," terangnya lagi.

Ditanya terkait solusi untuk menyudahi konflik Papua, ia mengaku sudah melaporkan masalah itu ke Presiden. "Saya sudah lapor ke Jokowi. Jokowi adalah Kepala Negara," imbuhnya.

Lukas Enembe juga membantah adanya gerakan Papua merdeka di belakang mahasiswa. "Gerakan Papua merdeka di sana (asrama mahasiswa, Red) itu gak ada. Itu mereka (gerakan Papua merdeka) orang di Papua sana, yang bawa senjata," tegasnya.

"Itu murni mahasiswa. Tapi kita nggak tahu apakah mereka ini mahasiswa semua ataukah ada yang tidak kuliah, ya itu aja," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubenur Papua Lukas Enembe ditolak saat mengunjungi asrama mahasiswa papua di Jalan Kalasan Surabaya. Mahasiswa enggan membuka pintu gerbang begitu rombongan Gubernur Papua dan Gubernur Jatim tiba.

"Lepas Garuda dulu kalau ke sini, lepas garuda," teriak para mahasiswa dari dalam asrama. Bahkan mereka juga sempat menggebrak pintu gerbang. 

Lukas Enembe hanya sejenak menunggu di depan pintu gerbang. Karena mendapat penolakan itu, ia kemudian meninggalkan lokasi. (ana/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...