Kamis, 27 Februari 2020 18:41

Ingin Belajar Batik Pamekasan, Mahasiswa UWM Surabaya Kunjungi Klampar

Jumat, 16 Agustus 2019 01:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yeyen
Ingin Belajar Batik Pamekasan, Mahasiswa UWM Surabaya Kunjungi Klampar
Para mahasiswa belajar langsung cara pembuatan batik di Desa Klampar, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Fakultas Kewirausahan Universitas Widya Mandala Surabaya datang ke Desa Klampar untuk belajar langsung cara membatik, Kamis (15/08/19).

Para mahasiswa Widya Mandala tersebut datang dengan dekan dan dosen pembimbing yang juga desainer kondang Embran Nawawi.

Menurut Dekan fakultas Kewirausahaan Universitas Widya Mandala Diah Tulipa, kegiatan ini adalah kegiatan Filtrip dari Fakultas Kewirausahaan Widya Mandala. Tujuannya, untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap produk-produk tradisional yang bisa mereka eksplor menjadi bisnis yang bisa dikembangkan.

"Kami di fakultas mengembangkan 5 jenis bisnis, salah satunya jenis fashion dan kebetulan batik yang paling kita dengar adalah batik Pamekasan. Kebetulan ada Pak Embran Nawawi yang beliau sudah berkecimpung dahulu di dalam batik, terutama di Desa Klampar Pamekasan," tuturnya.

Pihaknya berharap ke depan bisa berkolaborasi dengan pengrajin di Desa Klampar. Mahasiswa tidak hanya bisa belajar Batik Pamekasan, namun juga mencari ide bisnis pengembangan yang diaplikasikan berbentuk UMKM.

"Dengan demikian Batik Pamekasan bisa lebih berkembang dan dikenal bukan hanya dari lembaran batiknya, tetapi dari produk-produk lainnya," ungkapnya.

Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini, Alfa Zon mengaku sangat senang dan tidak menyangka Batik Pamekasan begitu indah.

"Kita bisa belajar tentang cara pembuatannya dan kita akan mencari ide untuk menjadikan Batik Pamekasan sebagai bahan untuk produk-produk yang nantinya akan menjadi bisnis yang menguntungkan," tutur Alfa, mahasiswa semester 4.

Para mahasiswa tersebut sebelumnya juga diajak melihat pasar batik 17 Agustus Pamekasan yang merupakan pasar batik terbesar di Asia dan mendatangi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pamekasan. (yen/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...