Partai Nasdem dan PKB Unggul di Jember

Partai Nasdem dan PKB Unggul di Jember Rapat pleno terbuka KPUD Jember..

JEMBER, BANGSAONLINE com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) unggul dengan sama-sama mendapat 8 kursi di DPRD Jember. Hal itu terlihat dalam rapat pleno terbuka Penetapan Perolehan Suara dan Kursi Serta Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Jember Pemilu 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, di aula Hotel Luminor Jember, Jawa Timur, Sabtu (10/8/2019) siang.

KPU selanjutnya akan melaporkan hasil rapat pleno tersebut ke Gubernur Jawa Timur melalui Bupati Jember, yang kemudian dilanjutkan untuk melakukan pelantikan Wakil Rakyat DPRD Jember periode 2019 – 2024.

“Untuk DPRD Kabupaten Jember alhamdulillah berjalan lancar. Dimana jumlah kursi ada 50,” kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in usai rapat.

Ia menjelaskan, dari hasil pemilu tersebut, untuk yang mendapat kursi paling banyak, tercatat ada 2 partai. “Kursi paling besar (banyak, red) ada 8. Itu yang dapat ada PKB dan Nasdem,” ungkapnya.

Selain dua partai tersebut, masing-masing partai yang mendapat kursi diantaranya, Partai Gerindra 7 kursi, PDI-P 7 kursi, PPP 5 kursi, PKS 6 kursi, PAN kemudian Demokrat 2 kursi, dan untuk Berkarya serta Perindo, masing-masing 1 kursi.

“Tahapan itu nanti pada waktu berikutnya, di DPRD ada proses (pemilihan) pimpinan DPRD (baik itu ketua ataupun wakil ketua). Kita hanya melaporkan dokumennya, dan proses yang melakukan DPRD,” kata dia.

Terkait kapan pelantikan wakil rakyat baru itu, Syai’in menyampaikan, tergantung dari gubernur. “Secepatnya kita sampaikan, dan nanti dari gubernur. Kita menunggu,” ucapnya.

Lebih jauh Syai’in menyampaikan, terkait hasil MK kemarin, tentang persoalan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

“Itu sudah final, dan bersifat mengikat untuk putusan Mahkamah Konstitusi. Sehingga pada hari ini kita melakukan rapat pleno penetapan ini,”pungkasnya. (jbr1/yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO