Kamis, 17 Oktober 2019 23:33

Mulia Sekali, Seorang Polisi dan Warga Dirikan Rumah Singgah Yatim Piatu dan Orang Terlantar

Kamis, 08 Agustus 2019 20:34 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Mulia Sekali, Seorang Polisi dan Warga Dirikan Rumah Singgah Yatim Piatu dan Orang Terlantar
Kapolres AKBP Feby Hutagalung dan Bupati Fadeli saat meresmikan rumah singgah.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Seorang polisi dan sejumlah warga mendirikan rumah singgah untuk yatim piatu dan orang terlantar. Rumah singgah yang diberi nama Rumah Pintar Insan Madani tersebut didirikan seorang anggota polisi dan warga yang tergabung dalam Yayasan Beramal dengan Iklas (Berkas) Bersinar Abadi tersebut sudah dihuni sebanyak 23 penghuni.

”Rumah singgah ini kita bangun selama 4 bulan dan dihuni oleh 23 yatim dan piatu,” kata Ketua Berkas Bersinar Mandiri, Aipda Purnomo, Kamis (8/8) siang.

Menurutnya pendirian rumah singgah tersebut semata-mata untuk menampung orang-orang terlantar, anak yatim-piatu dan kaum duafa.

“Terkait makan dan minum di rumah singgah ini, kita biayai dari sumbangan anggota Berkas Bersinar donatur-donatur lainya. Intinya kita pikul bersama agar mereka tercukupi kebutuhanya,” ungkap Purmono. Selain untuk penampungan, yatim piatu penghuni rumah singgah tersebut juga bisa mengikuti proses belajar mengajar dan baca tulis Alqur’an.

Rumah Pintar Insan Madani di Desa Nguwok Kecamatan Babat Lamongan tersebut secara resmi dibuka oleh Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung dan Bupati Fadeli pada Kamis (8/8) siang.

“Pendirian rumah singgah yang digagas seorang anggota polisi dan warga ini diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi anggota polisi lainya atau masyarakat lainya untuk berbagi, karena hal ini merupakan embrio memupuk kebersamaan saling menolong terhadap sesama,” terang AKBP Feby DP Hutagalung saat sambutan di peresmian rumah singgah itu.

Dalam kesempatan itu, Feby juga menyitir pesan almarhum KH Maimun Zubair, bahwa jika engkau melihat seekor semut terjebur di air, maka angkat dan tolong lah, barangkali itu menjadi penyebab ampunan bagimu di akhirat.

“Intinya sekecil apapun kita melakukan kebaikan, diharapkan bisa menjadi amalan yang baik dan mendapat pembalasan di akhirat kelak,” ungkap Feby yang juga menegaskan agar seluruh Bhabinkantimas jajaran Polres Lamongan termotivasi untuk menjalankan tugas secara maksimal.

Sementara, Bupati Lamongan Fadeli mengapresiasi Aipda Purnomo dan Tim Berkasnya. "Polisi yang seharusnya bertugas mengamankan wilayah dari kejahatan, justru ingin membantu antar sesama. Terlebih di yayasan Berkas ini sudah memulangkan 9 orang dengan gangguan jiwa ( ODGJ) ke rumah mereka masing-masing," tuturnya.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen ingin terbebas dari ODGJ yang dipasung. Dan di yayasan ini sudah berhasil memulangkan 9 ODGJ ke rumah mereka, ini sangat luar biasa, semoga bisa ditiru oleh polisi lainnya di Lamongan," papar Bupati Fadeli.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati, Sekda Yuhronur Efendi, dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Lamongan. (qom/rev) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...