Minggu, 18 Agustus 2019 04:46

Petrokimia Gresik Gelar Pasar Murah di Wonosobo

Jumat, 19 Juli 2019 17:40 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Petrokimia Gresik Gelar Pasar Murah di Wonosobo
Direktur Pemasaran PG Meinu Sadariyo, saat diwawancarai media usai pembukaan Pasar Murah Produk Petrokimia Gresik di Gudang Penyangga Kab. Wonosobo, Jumat (19/7).

WONOSOBO, BANGSAONLINE.com - Setelah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, PT Petrokimia Gresik (PG) produsen pupuk untuk solusi agroindustri kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan produktivitas pertanian melalui program "Pasar Murah Produk Petrokimia Gresik" di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (19/7).

Direktur Pemasaran PG Meinu Sadariyo menyatakan bahwa dalam pasar murah ini, petani bisa menembus produk non-subsidi melalui sistem tukar kupon seharga Rp 250 ribu.

Dari kupon ini, petani bisa mendapatkan satu sak pupuk NPK Phonska Plus (kemasan 25 kg), satu sak pupuk NPK Petro Nitrat (kemasan 25 kg), satu pak dekomposer Petro Gladiator (kemasan 1 kg), dan satu pak pupuk hayati Petro Biofertil (kemasan 2 kg).

"Total harga produk tersebut jika dibeli di kios berkisar pada harga Rp 388 hingga Rp 518 ribu, sehingga diskon yang didapatkan petani melalui pasar murah ini mencapai sekitar 35-50 persen," ujar Meinu.

Kabupaten Wonosobo, lanjut Meinu, dipilih karena merupakan salah satu sentra pertanian strategis di Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di dataran tinggi (500-1.000 meter di atas permukaan laut) menjadikannya salah satu kabupaten sentra hortikultura terbesar di Jawa Tengah.

Tidak sekadar menjual produk murah, dalam kegiatan ini PG juga memberikan edukasi pertanian, yaitu melalui booth yang memperkenalkan aneka produk PG, cara aplikasi produk, konsultasi, serta layanan uji tanah gratis dengan menyediakan satu unit Mobil Uji Tanah.

"Petani bisa membawa sample tanahnya dan dapat mengetahui kondisi terkini tanah mereka. Setelah dilakukan uji tanah, petani akan memperoleh rekomendasi pemupukan yang tepat dan berimbang. Tujuannya agar lahan pertanian memiliki produktivitas optimal dan berkelanjutan," jelas Meinu.

Terpisah, Direktur Utama PG Rahmad Pribadi menyatakan bahwa kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu taktik dalam strategi program Transformasi Bisnis, yaitu memperkuat brand image produk non-subsidi untuk memperkuat posisi perusahaan di pasar komersil domestik.

Hal ini sekaligus menjadi upaya perusahaan untuk memperkuat posisi produk non-subsidi di pasar komersil, sekaligus sebagai antisipasi terkait wacana pengalihan subsidi pupuk.

Berdasarkan hasil riset dan uji coba di berbagai daerah, lanjut Rahmad, rangkaian produk PG tersebut telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas pertanian, termasuk di sektor hortikultura. "Kami memiliki banyak produk non-subsidi dari hulu hingga hilir seperti benih unggul, pupuk, pengendalian hama, dekomposer, hingga probiotik. Karena taget kami adalah untuk menjadi dominant player dan market leader di Indonesia," pungkas Rahmad. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...