Kasus Pertengkaran Dominasi Putusan Cerai di Tuban

Kasus Pertengkaran Dominasi Putusan Cerai di Tuban Sosialisasi pencegahan perceraian dini dan pernikahan muda di Pendopo Kecamatan Senori, Senin (17/6).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pengadilan Agama (PA) Kabupaten mencatat pada pertengahan tahun 2019 ribuan pasangan telah diputuskan resmi bercerai.

Dari ribuan pasang tersebut, penyebab perceraian paling banyak didominasi perselisihan dan pertengkaran dalam rumah tangga.

Oleh karena itu, untuk mencegah tingginya angka perceraian, Kementerian Agama (Kemenag) bersama OPD terkait menggelar sosialisasi pencegahan pernikahan muda dan perceraian dini yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Senori, Senin (17/6).

"Dari catatan dinas terkait, Kecamatan Senori menyumbang angka pernikahan dini tertinggi disusul Kecamatan Semanding dan ," kata Kabag Kesra Kabupaten , Eko Yulianto.

Di sisi lain, perwakilan Kemenag Moch. Qosim memaparkan keprihatinan atas tingginya angka perceraian di Bumi Wali. Pihaknya juga mengkritisi mudahnya mendapatkan surat dispensasi (N9) lewat perangkat Kesra (Mudin) bagi anak atau remaja di bawah umur yang hendak menikah.

"Jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi alangkah baiknya jika N9 diberikan bagi pasangan yang sudah benar-benar telah dewasa. Mengingat, jika pasangan belum dewasa dari segi pemikiran juga akan berpengaruh dengan kelangsungan rumah tangga," bebernya

Meskipun dari perspektif agama tidak disebutkan batasan usia seorang untuk melaksanakan pernikahan, namun ia menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang nomor 1 tahun 1975 menyebutkan batasan minimal bagi pasangan nikah, yakni 16 tahun bagi perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki.

Sementara itu, perwakilan Graha Sakinah (GST), Umi Kulsum membeberkan, sesuai data dari PA penyebab maraknya perceraian karena faktor kekerasan.

"Rata-rata dalam setahun angka perceraian mencapai tiga ribu pasangan. Sementara dari tahun 2015 saja sudah mencapai 12 ribu janda usia produktif," ungkap Umi Kulsum. (ahm/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO