Minggu, 19 Januari 2020 09:21

Minta Usut Tuntas Tragedi 22 Mei, ​HMI Pamekasan Gelar Demo dan Audiensi

Senin, 17 Juni 2019 21:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Minta Usut Tuntas Tragedi 22 Mei, ​HMI Pamekasan Gelar Demo dan Audiensi
Puluhan massa HMI melakukan demo dan selanjutnya audiensi dengan Kapolres Pamekasan di ruang Satria Bayangkara Mapolres Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) menggelar audiensi untuk menyampaikan aspirasi kepada Polres Pamekasan, Senin (17/06/19). 

Audiensi itu terkait dengan adanya korban dalam demonstrasi di kantor Bawaslu pusat pada 22 Mei 2019 lalu yang diduga ada provokasi di dalamnya. Sehingga terjadi bentrok antara massa dengan aparat keamanan yang terjadi di Jakarta.

Dalam aksi kali ini, HMI yang menurunkan puluhan anggotanya untuk meminta pertanggungjawaban institusi Polri karena adanya delapan korban meninggal yang diduga dilakukan oleh aparat keamanan yang bertindak represif terhadap massa aksi.

Korlap aksi Lutfi yang juga ketua HMI cabang Pamekasan meminta pihak Polri mempertanggungjawabkan dan mengusut kasus tersebut sampai tuntas.

"Kami tidak ada sangkut pautnya dengan partai, menuntut Institusi Polri bertanggung jawab dan mengusut tuntas kejadian pada tanggal 22 Mei 2019 di Jakarta. Apabila tuntutan kami tidak diindahkan, kami akan melakukan aksi terbuka dan dengan massa yang lebih dari kapasitas ini," tegas Lutfi.

Ada beberapa hal yang menjadi tuntutan mereka:

1. Institusi Polri harus bertanggung jawab penuh dan bersikap tegas dalam pengusutan tragedi kemanusiaan serta bersikap profesional.

2. Usut tuntas dan diproses secara hukum, apabila oknum berasal dari pihak kepolisian dan tindak tegas apabila berasal dari pihak perusuh.

3. Kami minta dan mendukung para pencari fakta hanya dilakukan oleh tim gabungan pencari Fakta (TGBF).

4. Komnas Ham harus melakukan investigasi secara independen dan di luar tim gabungan.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo berterima kasih kepada HMI yang menyampaikan aspirasi dengan baik. Ia mengaku telah menampung aspirasi mereka.

"Kami juga sudah menerangkan kepada para adik-adik HMI kejadian yang kami tahu," ungkapnya. (err/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...