Kamis, 02 Juli 2020 19:35

Minta Usut Tuntas Tragedi 22 Mei, ​HMI Pamekasan Gelar Demo dan Audiensi

Senin, 17 Juni 2019 21:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Minta Usut Tuntas Tragedi 22 Mei, ​HMI Pamekasan Gelar Demo dan Audiensi
Puluhan massa HMI melakukan demo dan selanjutnya audiensi dengan Kapolres Pamekasan di ruang Satria Bayangkara Mapolres Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) menggelar audiensi untuk menyampaikan aspirasi kepada Polres Pamekasan, Senin (17/06/19). 

Audiensi itu terkait dengan adanya korban dalam demonstrasi di kantor Bawaslu pusat pada 22 Mei 2019 lalu yang diduga ada provokasi di dalamnya. Sehingga terjadi bentrok antara massa dengan aparat keamanan yang terjadi di Jakarta.

Dalam aksi kali ini, HMI yang menurunkan puluhan anggotanya untuk meminta pertanggungjawaban institusi Polri karena adanya delapan korban meninggal yang diduga dilakukan oleh aparat keamanan yang bertindak represif terhadap massa aksi.

Korlap aksi Lutfi yang juga ketua HMI cabang Pamekasan meminta pihak Polri mempertanggungjawabkan dan mengusut kasus tersebut sampai tuntas.

"Kami tidak ada sangkut pautnya dengan partai, menuntut Institusi Polri bertanggung jawab dan mengusut tuntas kejadian pada tanggal 22 Mei 2019 di Jakarta. Apabila tuntutan kami tidak diindahkan, kami akan melakukan aksi terbuka dan dengan massa yang lebih dari kapasitas ini," tegas Lutfi.

Ada beberapa hal yang menjadi tuntutan mereka:

1. Institusi Polri harus bertanggung jawab penuh dan bersikap tegas dalam pengusutan tragedi kemanusiaan serta bersikap profesional.

2. Usut tuntas dan diproses secara hukum, apabila oknum berasal dari pihak kepolisian dan tindak tegas apabila berasal dari pihak perusuh.

3. Kami minta dan mendukung para pencari fakta hanya dilakukan oleh tim gabungan pencari Fakta (TGBF).

4. Komnas Ham harus melakukan investigasi secara independen dan di luar tim gabungan.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo berterima kasih kepada HMI yang menyampaikan aspirasi dengan baik. Ia mengaku telah menampung aspirasi mereka.

"Kami juga sudah menerangkan kepada para adik-adik HMI kejadian yang kami tahu," ungkapnya. (err/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...