Pameran Pendidikan Sidoarjo Pasarkan Produk Siswa

Pameran Pendidikan Sidoarjo Pasarkan Produk Siswa TINJAU STAN – Bupati H Saiful Ilah saat meninjau salah stan sekolah kejuruan dalam SIEDEX 2014, di Gedung Tennis Indoor GOR Sidoarjo, Selasa (21/10/2014). foto: musta’in/BangsaOnline

SIDOARJO (BangsaOnline) – Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar Sidoarjo Education Expo (SIEDEX) 2014 Selasa (21/10/2014) hingga Sabtu (25/10/2014), di Gedung Tennis Indoor GOR Delta Sidoarjo. Selain ajang promosi potensi pendidikan, pameran pendidikan ini juga menjadi ajang pemasaran sejumlah produk siswa.

Pameran pendidikan tersebut dibuka oleh didampingi Wakil Bupati Sidoarjo MG Hadi Sutjipto dan Ketua DPRD Sidoarjo H Sulamul Hadi Nurmawan, Selasa (21/10/2014). “Selain mempromosikan prestasi dan inovasi siswa, juga menjadi wadah untuk memasarkan hasil produksi para siswa,” cetus Bupati Saiful Ilah.

Pantauan BangsaOnline di lokasi pameran, sejumlah sekolah memang berlomba memajang hasil produk para siswanya. Itu terutama dilakukan sejumlah sekolah kejuruan yang memiliki jurusan tata boga, perhotelan, dan kerajinan. Produk siswa misalnya beragam minuman herbal hingga sejumlah bentuk kerajinan tangan, misalnya miniatur kapal.

Bupati Saiful menambahkan, pameran pendidikan ini diharapkan juga menjadi media informasi soal pendidikan kepada para calon siswa dan orang tuanya. Pameran pendidikan yang sudah menjadi agenda tahunan Diknas Sidoarjo ini juga berusaha mengenalkan keberadaan sekolah yang terpencil. “Ada stan dari SD dari Dusun Kepetingan. Saya lihat tadi siswanya praktik bermusik,” cetusnya didampingi Kepala Diknas Sidoarjo Mustain Baladan.

Total ada 117 stan dalam pameran pendidikan tersebut. Ratusan stan itu diisi sejumlah SMA Negeri, SMA Swasta, LP Maarif NU, Perguruan Muhammadiyah. Ada juga stan dari Ikatan Guru PAUD Sidoarjo, Akademi Komunitas Sidoarjo, dan Tim Penggerak PKK Sidoarjo. Selain stan, pameran juga menyediakan panggung besar di halaman Gedung Tennis Indoor. “Sekolah bisa menampilkan mulai kreasi musik, drama, hingga karawitan. Bebas yang penting unjuk seni siswa,” imbuh Mustain Baladan.

Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H Sulamul Hadi Nurmawan memberikan apresiasi terhadap pameran pendidikan tersebut. Politisi PKB ini menyebut kegiatan tersebut bisa memicu sekolah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaran pendidikan. “Sehingga bisa mendorong kemajuan pendidikan di Sidoarjo,” tandas Gus Wawan, panggilan karib H Sulamul Hadi Nurmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO