Dari Wonosalam Jombang, Petani Durian Gagas Apduri

Dari Wonosalam Jombang, Petani Durian Gagas Apduri

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya mencari terobosan dalam pemberdayaan petani dan inovasi pertanian durian, puluhan petani durian menggagas terbentuknya Asosiasi Petani Indonesia (Apduri).

"Sudah sejak lama Wonosalam di Jombang dikenal secara alami sebagai sentra pertanian , dan semalam lebih 50 petani durian telah berkumpul dan sepakat menggagas satu tonggak penting pertanian dan perkebunan durian tanah air dengan pendirian asosiasi untuk mewadahi pemberdayaan petani durian," papar di antara penggagas Asosiasi Petani Indonesia (Apduri) Rully Anwar, Kamis (13/6).

Dijelaskan Rully Anwar, ide pendirian Apduri muncul spontan ketika para petani dan pimpinan perkebunan durian menggelar silaturahmi petani durian di Kafe Bido, di areal wisata De Park, Wonosalam, Jombang.

"Jadi kami ingin ada lompatan dalam pertanian durian dari hulu ke hilir, termasuk dalam soal pemberdayaan petani. Dan harapannya asosiasi bisa menjadi jembatannya," imbuh Rully Anwar.

Dengan berhimpun dalam asosiasi, petani durian juga bisa membangun edukasi pada publik tentang durian.

" itu adalah rajanya buah. Tapi kenapa petani durian belum mampu menjadi berdaya secara ekonomi? Tentu karena banyak hal, di antaranya tata niaga, budidaya tanam, dan pasca panen komoditi durian yang hanya berjalan apa adanya, mengalir dari tahun ke tahun. Maka, dengan kebersamaan dalam asosiasi ini adalah hal konkret menentukan langkah," tegas Rully Anwar, sekaligus juru bicara Apduri.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO