Rabu, 19 Juni 2019 12:50

Ansor Karang Pilang Ngaji Kitab Risalah Aswaja di Masjid Abu Adenan

Senin, 20 Mei 2019 00:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Ansor Karang Pilang Ngaji Kitab Risalah Aswaja di Masjid Abu Adenan
Ustadz Fatkhul Qodir, M.Hi saat membahas Kitab Risalah Ahlusunnah Wal Jamaah di masjid Abu Adenan, Perumahan Gunung Sari Indah, Karang Pilang.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Karang Pilang menggelar kegiatan Ngaji Kitab Risalah Ahlussunah Wal Jamaah karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari. Kegiatan yang diinisiasi oleh Majelis Dzikir dan Shalawat Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Karang Pilang dilaksanakan di Masjid Abu Adenan, Perumahan Gunung Sari Indah, Sabtu (18/5/2019) sore.

Ustadz Fatkhul Qodir, M. Hi dari Dewan Pakar Aswaja Center NU Jatim yang mengasuh pengajian hari itu membahas Bab V dari kitab Aswaja. Bab V tersebut membahas tentang tuntunan agar kita berhati-hati dalam mengambil ilmu agama, fitnah ahli bid'ah, orang munafik dan imam yang menyesatkan.

"Kajian bab V ini relevan dengan kondisi hari ini, di mana banyaknya orang dengan bekal ilmu agama yang minim, tak pernah mondok di pesantren tapi tiba-tiba mengaku sebagai ulama. Ini berbahaya karena akan membawa kesesatan bagi yang mengikutinya," urai pria yang akrab disapa Gus Fatkhul ini.

Fatkhul melanjutkan, saat ini masyarakat terutama di perkotaan memiliki kesadaran dan semangat yang tinggi dalam mempelajari agama. Namun, sayangnya kebanyakan mereka mencari ilmu lewat internet sehingga referensi yang didapat belum tentu benar. Demikian pula dengan figur tokoh agama yang dikenal banyak lewat internet dan kemudian dijadikan guru.

Kondisi ini menjadi tantangan bagi para dai-dai Nahdlatul Ulama termasuk para kader NU untuk terjun ke masyarakat sehingga tidak tersesat karena salah memilih rujukan Ilmu dan guru.

"Karena itu kader-kader Ansor harus terjun ke masjid dan mushola. Isi majelis taklim untuk menutup peluang mereka yang ingin menyebarkan ajaran yang sesat dan menyesatkan," ajaknya.

"Para kader Ansor dan NU juga harus meningkatkan dakwah di media sosolial. Karena saat ini media sosial didominasi ulama atau mereka yang mengaku ulama tapi mengajarkan kekerasan, misuh dan gemar membid'ah kan ajaran aswaja An Nahdliyah. Ruang gerak mereka ini harus dibatasi dengan dakwah aswaja di medsos," tutur Fatkhul.

Sementara itu, Ketua MDS Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Surabaya, M. Mundir mengungkapkan, ngaji kitab Risalah Aswaja ini adalah agenda MDS PC Ansor Kota Surabaya. Tetapi pelaksanaannya digilir di masing-masing PAC dengan pelaksananya MDS tingkat kecamatan atau PAC.

"Kitab ini wajib diketahui oleh kader-kader Ansor, bukan saja karena ditulis oleh pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari. Tapi juga kitab ini memberikan kita pemahaman tentang ajaran Aswaja sehingga menjadi tuntunanbhidup bagi kita semua," imbuh pria yang biasa disapa Gus Mundir tersebut. 

Kegiatan ngaji kitab Risalah Ahlussunah Wal Jamaah di masjid Abu Adenan itu juga dihadiri pihak takmir masjid Abu Adenan beserta pihak Muspika. Di antaranya Perwakilan dari Polsek dan Kecamatan Karang Pilang. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...