Perpustakaan Tlogopatut Gresik Kandidat Terbaik Jatim

Perpustakaan Tlogopatut Gresik Kandidat Terbaik Jatim Tim Juri didampingi Wabup Qosim ditunjukkan hasil kreasi ibu-ibu PKK setempat berupa kerajinan tangan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Perpustakaan Cahaya Dunia di Kelurahan Tlogopatut Kecamatan Gresik masuk nominasi perpustakaan terbaik tingkat Jatim tahun 2019. Perpustakaan ini selain dilengkapi dengan koleksi 1456 judul buku, juga punya 4 unit perpustakaan digital hasil sumbangan pihak swasta.

Harapan itu mengemuka setelah tim penilai Agus Samiaji dan Sri Wahyu Hastarini, keduanya penjabat dan Pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengunjungi Perpustakaan Cahaya Dunia di 2 ruang kantor Kelurahan Tlogopatut, Jalan Dr. Sutomo Gresik, Jum’at (10/5).

Mereka diterima Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siti Jaiyaroh, dan Camat Gresik Purnomo. Mereka sekaligus mendampingi tim juri asal Provinsi Jawa Timur tersebut untuk berkeliling dan melihat-lihat koleksi buku. Tim juri juga diantar oleh wabup untuk melihat langsung kreasi berupa kerajinan para ibu-ibu PKK Kelurahan setempat hasil dari mempraktikkan bacaan buku di perpus.

Pada kegiatan visitasi lomba perpustakaan yang dilakukan oleh Agus Samiaji dan kawan-kawan kali ini, dia berharap perpustakaan yang baik bukan hanya perpustakaan yang menarik minat baca. Tapi perpustakaan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

"Misalnya koleksi buku-buku tersebut selain mencerdaskan masyarakat pembaca, juga dapat memberikan nilai tambah pengetahuan tentang kearifal lokal setempat. Contoh, bila di sekitar kelurahan tersebut banyak kelompok industri makanan kecil, maka materi buku-buku yang ada harus tentang industri makanan kecil. Demikian juga bisa para ibu PKK banyak yang melakukan budidaya tanaman obat, tentu saja bukunya harus tentang tanaman obat," ujar dia.

Menurut Samiaji, setelah lolos seleksi administrasi, perpustakaan Kelurahan Tlogopatut masuk 10 besar dari 38 Kabupaten Kota se-Jawa Timur. Selain memeriksa administrasi, tim akan melihat langsung dan banyak berdiskusi dengan pengelola perpustakaan serta masyarakat pengguna perpustakaan. Utamanya pada ibu PKK Kelurahan Tlogopatut yang banyak memanfaatkan perpustakaan ini.

Sementara itu, Wabup memberikan petunjuk kepada pengunjung perpustakaan bagaimana cara mencari buku yang baik dan bermutu. Wabup pada kesempatan ini juga melihat langsung perpustakaan digital dan meminta kepada salah seorang pengunjung agar mencari buku tentang hikmah puasa. Hanya beberapa detik, buku yang dimaksud langsung ditemukan. Wabup juga meminta kepada tim juri yang juga merupakan juri nasional agar memberikan masukan saat berdiskusi dengan pengelola perpustakaan.

"Tolong kami dikritik dan juga diberi masukan agar kami selalu dapat memperbaiki. Bagi kami juara itu penting. Namun yang lebih penting adalah terus memperbaiki diri agar lebih bermanfaat," katanya. "Semoga yang kita lakukan hari ini mendapatkan berkah karena pekerjaan ini bagian dari membuka jendela ilmu pengetahuan," pungkas dia. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO