Bupati Hadiri Puncak Festival Kali Bersih, Tebar Ribuan Benih Ikan

Bupati Hadiri Puncak Festival Kali Bersih, Tebar Ribuan Benih Ikan Bupati Blitar Rijanto saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Air se-Dunia dan Hari Bumi.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Rangkaian Festival Kali Bersih 2019 Kabupaten dalam rangka memperingati Hari Air se-Dunia dan Hari Bumi diisi dengan berbagai kegiatan. Puncak kegiatan dipusatkan di Desa Tawangsari, Kecamatan Binangun, Kabupaten , Sabtu (27/4/2019).

Puncak acara diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya tanam pohon, bersih-bersih sampah, senam tera, dan penebaran benih ikan.

Kegiatan menebar ribuan benih ikan dilakukan sendiri oleh Bupati Rijanto didampingi Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Dewa Ruci Sungai Brantas Desa Jugo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten . Jenis benih ikan yang ditebar di antaranya ikan Tawes dan Tombro.

"Kami menebar benih ikan di sungai brantas bersama pimpinan OPD, Muspika, dan Kepala Desa," jelas Rijanto.

Sebelum menebar benih ikan, Bupati dan rombongan menyusuri sungai Brantas dari wisata Konservasi Bader Bank Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun menuju Pokmaswas Dewa Ruci sungai Brantas Desa Jugo Kecamatan Kesamben Kabupaten .

"Keberadaan Badher Bank ini menjadi bukti keberhasilan dalam menggugah kesadaran masyarakat akan fungsi sungai. Kegiatan ini ke depan akan kita agendakan dan terus berlanjut supaya ikan di sungai Brantas, khususnya di wisata konservasi ikan Badher Bank tetap banyak," jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan Festival Kali Bersih 2019 Kabupaten ini digelar sejak tanggal 22 hingga 28 April.

Wisata konservasi ikan Badher Bank sendiri merupakan tempat budidaya ikan sungai khas perairan Sungai Brantas area seperti ikan uceng, wader merah, dan lain-lain yang terletak di tepi aliran Sungai Brantas di Dusun Tawangrejo, Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun, Kabupaten . Lalu kelompok masyarakat setempat mengubahnya menjadi tempat wisata. Wisata Konservasi itu saat ini dikelola oleh Pokmaswas "Fajar Bengawan". (adv/humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO