Pemkab Gresik Juara II Lomba P3A Nasional

Pemkab Gresik Juara II Lomba P3A Nasional Bupati Sambari menerima penghargaan P3A tingkat nasional.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - menyabet juara II lomba partisipatif perkumpulan petani air (P3A) tingkat nasional, Kamis (25/4). Penghargaan ini berkat kerja keras HIPPA (Himpunan Petani Pemakai Air) Tani Rukun Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menerima penghargaan itu di ruang Putri Cempo Kantor , Kamis (25/4). Bupati kemudian secara simbolis menyerahkan penghargaan dari Kementerian PUPR kepada HIPPA Tani Rukun Desa Wahas.

"Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih HIPPA Tani Rukun yang meraih juara kedua dalam ajang bergengsi tingkat nasional ini. Atas prestasinya tersebut, HIPPA Tani Rukun juga menerima sejumlah bantuan dari Kementerian PUPR berupa satu unit motor roda tiga, 1 unit mesin potong rumput, dan juga satu unit mesin gergaji kayu," ujarnya.

Bupati meminta kepada Dinas terkait agar tidak henti-hentinya memberikan pembinaan-pembinaan terhadap para petani dalam komitmennya meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Gresik.

Ia juga berharap kepada Himpunan Petani, khususnya HIPPA Tani Rukun, untuk mengembangkan inovasi, utamanya terkait dengan pertanian. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan oleh para petani.

"Kita harus mampu menciptakan inovasi baru. Misalnya saja terkait dengan sistem irigasi yang handal. Kita bikin tempat penampungan air tadah hujan, sehingga air tadah hujan tersebut bisa kita cadangkan untuk pertanian tahap berikutnya disaat musim kemarau," terangnya.

Ditegaskan Bupati, inovasi seperti ini belum ada sebelumnya di daerah lain. Apalagi Kabupaten Gresik merupakan daerah yang kerap dilanda kekeringan.

Saat ini, upaya lain yang dilakukan untuk mengatasi kekeringan adalah dengan program 1.000 sumur. "Saat ini upaya tersebut sudah mencapai progress 60 persen. Harapannya di masa akhir jabatan saya, progresnya sudah mencapai 100 persen," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO