Gubernur Jatim Dorong Pembangunan PLTS Atasi Kelangkaan Listrik Daerah Terpencil

Gubernur Jatim Dorong Pembangunan PLTS Atasi Kelangkaan Listrik Daerah Terpencil Gubernur dan Wagub didampingi pimpinan DPRD Jatim, Soenarjo dan Achmad Iskandar menuju ruang sidang paripurna. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mengatasi kelangkaan listrik di beberapa wilayah terpencil di Jatim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah berkomunikasi dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk meminta dukungan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Alasannya, potensi tenaga surya di Jawa Timur ini sangat besar, yakni lebih dari 10.000 Megawatt.

“PLTS menjadi salah satu solusi terutama untuk daerah terpencil. Saya juga sudah secara khusus diskusi dengan Dirjen terkait di Kementerian ESDM untuk bisa mendapatkan pemetaan tentang hal ini,” kata Khofifah saat menghadiri Sidang Paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jatim tahun 2019-2050 di DPRD Provinsi Jatim, Jalan Indrapura Surabaya, Senin (22/4).

Menurutnya, pembangunan PLTS ini sangat tepat mengingat potensi energi non fosil atau energi terbarukan yang dimiliki Jatim terbanyak adalah surya, disusul kemudian angin, dan panas bumi. Sesuai hasil rapat dengan Menteri ESDM beberapa waktu lalu, untuk panas bumi atau geothermal sudah mulai eksplorasi.

“Insya Allah tahun 2020 ini bisa diselesaikan karena harusnya sebagian sudah dicicil. Di tahun ini agak banyak, lalu kemarin kita harus berbagi dengan Jawa Barat yang diselesaikan di bulan April. Akhirnya kita harus tertunda di tahun 2020 untuk PLTS di beberapa daerah di kepulauan, terutama daerah-daerah yang masih terpencil,” katanya.

Terkait anggaran PLTS ini, Khofifah mengatakan akan didukung baik oleh pusat dalam hal ini Kementerian ESDM, APBD , maupun APBD kab/kota bersangkutan.

“Semua sudah dibahas dalam ratas, jadi kita harus bersama-sama melakukan pemetaan itu,” katanya.

Sementara itu, terkait Pulau Kangean di Sumenep Madura yang meminta gardu listrik, dirinya sudah berkomunikasi dengan PLN. Menurut PLN, pemasangan gardu ini menunggu arus air surut.

“Rupanya gelombangnya masih sangat tinggi, jadi mereka akan membawa tiang-tiang listrik menunggu ombak yang relatif lebih landai kira-kira begitu,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga memastikan stok energi untuk perluasan atau ekspansi industrialisasi di Jatim dalam skala 31 ribu hektar, aman. Di mana saat ini Jatim masih memiliki stok energi sangat besar yakni 1.600 megawatt. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO