Senin, 25 Mei 2020 11:14

Maksimalkan Pengamanan Pemilu, Polres Pasuruan Gelar Apel Personil dan Sarpras

Senin, 15 April 2019 22:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Andy Fachrudin
Maksimalkan Pengamanan Pemilu, Polres Pasuruan Gelar Apel Personil dan Sarpras
Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo, S.I.K., saat mengecek armada di halaman Mapolres Pasuruan, Senin (15/4/2019).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan menggelar apel bersama untuk memaksimalkan kesiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di halaman Mapolres Pasuruan Jl. Doktor Soetomo No 1 Bangil, Senin (15/4/2019).

“Tujuan kegiatan ini kita laksanakan untuk memaksimalkan kesiapan personel sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo S.I.K., M.H.

Melalui persiapan maksimal, ia berharap Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

Ia mengatakan, agenda demokrasi seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik, adalah tanggungjawab bersama sebagai warga negara Republik Indonesia. Untuk itu, ia berharap pengamanan tidak hanya dilakukan oleh aparat, namun masyarakat turut berperan menjaga kondusivitas.

Menurutnya, Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4%.

Kondisi ini, lanjut dia, akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya. Tidak hanya untuk memenangkan Pileg dan Pilpres, namun juga agar bisa tetap bertahan/survive.

Ia menjelaskan, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan.

“Yang menjadi perhatian kita seperti pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax, dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di kalanggan masyarakat khususnya,” jelas dia.

Dalam hal ini, lanjut dia, Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum.

Serta, melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas khusus yang menangani masalah Tindak Pidana Pemilu yang tergabung dalam Gakkumdu Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Pasuruan. (maf/par/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...