Maksimalkan Pengamanan Pemilu, Polres Pasuruan Gelar Apel Personil dan Sarpras

Maksimalkan Pengamanan Pemilu, Polres Pasuruan Gelar Apel Personil dan Sarpras Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo, S.I.K., saat mengecek armada di halaman Mapolres Pasuruan, Senin (15/4/2019).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - menggelar apel bersama untuk memaksimalkan kesiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di halaman Mapolres Pasuruan Jl. Doktor Soetomo No 1 Bangil, Senin (15/4/2019).

“Tujuan kegiatan ini kita laksanakan untuk memaksimalkan kesiapan personel sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan,” kata Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo S.I.K., M.H.

Melalui persiapan maksimal, ia berharap Pemilu tahun 2019 akan dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

Ia mengatakan, agenda demokrasi seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, serta jaminan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan langsung oleh publik, adalah tanggungjawab bersama sebagai warga negara Republik Indonesia. Untuk itu, ia berharap pengamanan tidak hanya dilakukan oleh aparat, namun masyarakat turut berperan menjaga kondusivitas.

Menurutnya, Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan dilaksanakan secara serentak dengan ambang batas parlemen/parliamentary threshold sebesar 4%.

Kondisi ini, lanjut dia, akan menuntut pada adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya. Tidak hanya untuk memenangkan Pileg dan Pilpres, namun juga agar bisa tetap bertahan/survive.

Ia menjelaskan, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan.

“Yang menjadi perhatian kita seperti pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax, dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di kalanggan masyarakat khususnya,” jelas dia.

Dalam hal ini, lanjut dia, Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum.

Serta, melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas khusus yang menangani masalah Tindak Pidana Pemilu yang tergabung dalam Gakkumdu Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Pasuruan. (maf/par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO