Soal Kotak Suara Rusak, ​KPU Jember: Masih Ada 120 Cadangan

Soal Kotak Suara Rusak, ​KPU Jember: Masih Ada 120 Cadangan

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kabar adanya kotak suara pemilu 2019 yang disampaikan rusak, langsung dapat tanggapan dari KPU Jember. Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa kotak suara hanya basah terkena air hujan. Sehingga, masih bisa dipakai setelah dijemur terlebih dahulu. 

"Namun terkait rusak karena rayap, hal itu dibenarkan dan nantinya akan mendapat ganti. Karena diketahui, KPU Jember mempunyai 120 kotak suara cadangan dan mendapat tambahan 20 kotak lagi, sisa dari KPU Malang," ucap Ahmad Hanafi, Senin (15/4).

Hanafi membenarkan jika di sejumlah PPK terdapat persoalan kotak suara yang bermasalah karena hal tertentu. "Seperti halnya kotak suara di PPK Sukorambi yang dimakan rayap, tadi siang sudah dikembalikan oleh panitia untuk mendapat ganti baru," kata Hanafi.

Selanjutnya, akan ada kotak suara sisa dari KPU Malang, sekitar 20 kotak suara. "Sehingga nantinya persoalan kotak suara dapat segera teratasi dengan baik. Bahkan informasi yang ada, kotak suara basah terkena hujan di Sumberbaru juga masih bisa diselamatkan, dijemur terlebih dahulu dan bisa dipergunakan pada Pemilu 17 April besok," terangnya.

Lebih jauh Hanafi menyampaikan, terkait kekurangan surat suara dan kebutuhan logistik di beberapa PPK juga sudah dikoordinasikan. "Jika ada yang kelebihan dikumpulkan ke KPU, selanjutnya didistribusikan kembali ke PPK yang kekurangan. Jadi intinya kekurangan logistik, sudah terpenuhi dan dalam proses," jelasnya.

"Bahkan hari ini sudah dilakukan proses pemenuhan kekurangan, juga di desa-desa yang berada di perbatasan dan terpencil juga akan terpenuhi semua," sambungnya.

Dengan adanya solusi tersebut, kata pria mantan jurnalis televisi ini, Kabupaten Jember siap melaksanakan Pemilu 2019 ini.

Ketua PPK Sukorambi Ahmad Fadli saat dikonfirmasi, membenarkan pihaknya sudah mengembalikan kotak suara yang rusak terkena rayap. "Siang tadi langsung saya laporkan dan dikembalikan ke KPU, selanjutnya menunggu, mungkin paling lambat besok dapat gantinya," paparnya. (jbr1/yud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO