Prabowo Umumkan Calon Menteri di Surabaya

Prabowo Umumkan Calon Menteri di Surabaya Ekonom senior, Rizal Ramli hadir dalam pidato kebangsaan di Surabaya. Ia juga masuk dalam bursa menteri kabinet Prabowo-Sandi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto membuktikan komitmennya untuk bersikap terbuka dengan rakyat yang akan memilih pemimpin pada 17 April mendatang. Hal itu dibuktikan Prabowo dengan mengumumkan nama-nama calon menteri kabinet pada acara Pidato Kebangsaan di Dyandra Convention Hall, Surabaya.

Dari sekitar 80 nama kandidat menteri yang disebut, ada figur ekonom senior Rizal Ramli. Mantan Menko Maritim itu mengaku dirinya tidak mengejar jabatan. Menurutnya, jabatan hanyalah sarana untuk mensejahterakan rakyat, tentunya lewat kebijakan yang pro rakyat.

"Saya sudah berkali-kali jadi menteri. Saya tidak akan mengejar jabatan. Bagi saya yang terpenting bisa berbuat yang terbaik untuk bangsa ini," tegas Menko Ekuin di era Presiden Abdurrahman Wahid ini, Jumat (12/4).

Rizal menilai angin perubahan sudah berhembus kencang. Karena itu, rakyat menuntut perubahan. Ia mencontohkan, banyak tokoh-tokoh nasional di daerah yang mulai mendukung terang-terangan dan bergabung ke pasangan 02.

Di antaranya, Gatot Nurmantyo (Mantan Panglima TNI), Dahlan Iskan, dan lain-lain, karena mereka kecewa dengan kebijakan pemerintahan Jokowi.

“Tadi Pak Dahlan mengatakan selama 5 tahun Pak Jokowi memimpin perekonomian mandek, mereka ingin tokoh yang apa adanya, apa yang diomongkan itulah faktanya. Itulah Prabowo apa yang diomongkan itu realita, dia bukan tukang ngapusi (bohong). Kalau yang sekarang itu tukang ngapusi dan rakyat bosan diapusi,” imbuh alumni ITB tersebut.

Sementara menyangkut nama-nama tokoh yang disebut Prabowo akan membantu pemerintahannya jika mendapat mandat rakyat memimpin Indonesia untuk 5 tahun ke depan. Menurut Rizal itu adalah orang-orang yang akan membantu di legislatif, badan-badan, dan di eksekutif.

“Yang penting kriteria saja. Pertama, harus memiliki integritas, kedua harus berpihak kepada bangsa dan rakyat. Ketiga, harus perfect mengerti masalah. Serta, keempat mempunyai leadership dan terakhir (kelima) harus mewakili kebhinekaan,” harap Rizal Ramli.

“Bagi saya yang penting rakyat bisa hidup sejahtera nggak bisa seperti ini. Masak 4 tahun terakhir mandek, rakyat sudah tidak punya daya beli dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Khusus pidato kebangsaan Prabowo di Surabaya, Rizal Ramli menilai sangat luar biasa dan penuh semangat. Bahkan gaya pidatonya yang penting, rileks, bercanda-bercanda, dan kontennya tetap ada.

“Ini kota perjuangan, Kota Bung Tomo. Pidato Prabowo jelas sekali, dia ingin Indonesia betul-betul berdaulat jadi negara yang disegani dan makmur di Asia,” ungkap Rizal Ramli.

Ia juga meyakini pasangan Prabowo-Sandi menang di Jatim, karena rakyat Jatim kebanyakan adalah Nahdlatul Ulama. “Kalau pimpinan struktural itu yang berkuasa, tapi yang kultural kebanyakan ke Prabowo. Bahkan Gus Dur pernah mengatakan kalau orang yang paling ikhlas itu namanya Prabowo,” pungkas salah satu santri Gus Dur ini. (mdr)

Berikut Deretan Nama Calon Menteri Prabowo-Sandi:

- Bambang Widjojanto (Ex Wakil Ketua KPK)

- Alex Yahya Datuk (Ex Kabid Investasi HIPMI)

- Bambang Susanto Priyohadi (Ex Staf Khusus Menko Maritim)

- Bembi Uripto (Deputi Bappenas Bidang SDA)

- Budi Djatmiko (Ketua Umum APTISI)

- Chusnul Mariyah (Ex Komisioner KPU)

- Dahlan Iskan (Ex Menteri BUMN)

- Erwin Aksa (Dirut Bosowa)

- Ferry Mursidan Baldan (Ex Menteri Pertahanan)

- Firmansyah (Rektor Paramadina)

- Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika)

- Lily Sriwahyuni S (Staf Khusus Kemenkes)

- Mochtar Niode (Ahli Mobil Listrik)

- Natalius Pigai (Ex Anggota Komnas HAM)

- Otto Hasibuan (KDP Peradi Kadin)

- Rizal Ramli (Ex Menko Maritim)

- Rustika Tamrin (Psikolog UI)

- Rocky Gerung (Filsuf UI)

- Said Didu (Ex Sekretaris Kementerian BUMN)

- Salim Said (Ahli Strategi Militer)

- Sjafrie Syamsuddin (Ex Wamen Pertahanan)

- Sudirman Said (Direktur Menteri BPN)

- Sujana Royat (Ex Deputi Menkokesra)

- Sehendra Ratu Prawinegara (Ex Staf Khusus Menteri PU)

- Teguh Santosa (CEO Rakyat Merdeka)

- Tri Hanurita (Ex Komisaris Indika)

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO