FRPB Pamekasan Gencar Gelar Pendidikan Tangguh Bencana ke Ponpes

FRPB Pamekasan Gencar Gelar Pendidikan Tangguh Bencana ke Ponpes FRPB Pamekasan saat memberikan pelatihan di PP Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten , Jawa Timur yang merupakan gabungan para relawan, menggencarkan pendidikan tangguh bencana ke berbagai pondok pesantren (ponpes) di bumi gerbang salam.

Menurut Ketua FRPB kabupaten Budi Cahyono, langkah itu dilakukan untuk menekan terjadinya risiko apabila terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, angin kencang, dan bencana kebakaran.

"Bentuk pendidikan yang kami sampaikan adalah teori dan praktik, yakni berupa simulasi secara langsung kepada para santri," kata Budi saat memberikan pelatihan di PP Matsaratul Huda di Desa Panempan, Rabu (3/4).

Budi yang juga Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten menjelaskan bahwa yang disampaikan dalam setiap kegiatan pendidikan tentang kebencanaan tersebut adalah pada risiko bencana.

"Ketika mereka tahu akan risiko dari bencana, maka diharapkan mereka bisa mengurangi dampak dan risiko bencana itu sendiri," katanya.

Pondok Pesantren yang menjadi sasaran pendidikan ini yang terletak di daerah bencana alam, seperti bencana angin kencang, banjir, dan angin puting beliung.

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO