Senin, 22 Juli 2019 22:08

FRPB Pamekasan Gencar Gelar Pendidikan Tangguh Bencana ke Ponpes

Rabu, 03 April 2019 18:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
FRPB Pamekasan Gencar Gelar Pendidikan Tangguh Bencana ke Ponpes
FRPB Pamekasan saat memberikan pelatihan di PP Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur yang merupakan gabungan para relawan, menggencarkan pendidikan tangguh bencana ke berbagai pondok pesantren (ponpes) di bumi gerbang salam.

Menurut Ketua FRPB kabupaten Pamekasan Budi Cahyono, langkah itu dilakukan untuk menekan terjadinya risiko apabila terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, angin kencang, dan bencana kebakaran.

"Bentuk pendidikan yang kami sampaikan adalah teori dan praktik, yakni berupa simulasi secara langsung kepada para santri," kata Budi saat memberikan pelatihan di PP Matsaratul Huda di Desa Panempan, Rabu (3/4).

Budi yang juga Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Pamekasan menjelaskan bahwa yang disampaikan dalam setiap kegiatan pendidikan tentang kebencanaan tersebut adalah pada risiko bencana.

"Ketika mereka tahu akan risiko dari bencana, maka diharapkan mereka bisa mengurangi dampak dan risiko bencana itu sendiri," katanya.

Pondok Pesantren yang menjadi sasaran pendidikan ini yang terletak di daerah bencana alam, seperti bencana angin kencang, banjir, dan angin puting beliung.

"Pola penanganan terpadu kami tekankan dalam setiap penyampaian sosialisasi, sehingga diharapkan pola penanganan jika terjadi bencana lebih efektif," katanya.

Hal teknik, seperti cara melaporkan dengan cepat dan cara bertindak efektif jika terjadi bencana alam juga masuk materi pokok yang perlu dipahami oleh semua elemen masyarakat.

"Pembentukan dan pembinaan desa dan kelurahan tangguh bencana terus kita lakukan, karena bagi kami, keberadaan masyarakat yang sadar bencana sangat memiliki arti penting dalam menekan resiko apabila terjadi bencana alam," pungkasnya.

Sudiyanto, salah seorang pengasuh PP Matsaratul Huda Desa Panempan, Kabupaten Pamekasan menyampaikan terima kasih terhadap FRPB yang telah memberikan pelatihan tangguh bencana di PP Matsaratul Huda.

"Sehingga nantinya apabila ada kejadian tentunya kita bisa dengan cepat mengambil tindakan untuk mengurangi dampak kerugian akibat bencana alam," tukasnya. (err/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...