Rabu, 18 September 2019 14:59

FRPB Pamekasan Gencar Gelar Pendidikan Tangguh Bencana ke Ponpes

Rabu, 03 April 2019 18:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
FRPB Pamekasan Gencar Gelar Pendidikan Tangguh Bencana ke Ponpes
FRPB Pamekasan saat memberikan pelatihan di PP Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur yang merupakan gabungan para relawan, menggencarkan pendidikan tangguh bencana ke berbagai pondok pesantren (ponpes) di bumi gerbang salam.

Menurut Ketua FRPB kabupaten Pamekasan Budi Cahyono, langkah itu dilakukan untuk menekan terjadinya risiko apabila terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, angin kencang, dan bencana kebakaran.

"Bentuk pendidikan yang kami sampaikan adalah teori dan praktik, yakni berupa simulasi secara langsung kepada para santri," kata Budi saat memberikan pelatihan di PP Matsaratul Huda di Desa Panempan, Rabu (3/4).

Budi yang juga Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Pamekasan menjelaskan bahwa yang disampaikan dalam setiap kegiatan pendidikan tentang kebencanaan tersebut adalah pada risiko bencana.

"Ketika mereka tahu akan risiko dari bencana, maka diharapkan mereka bisa mengurangi dampak dan risiko bencana itu sendiri," katanya.

Pondok Pesantren yang menjadi sasaran pendidikan ini yang terletak di daerah bencana alam, seperti bencana angin kencang, banjir, dan angin puting beliung.

"Pola penanganan terpadu kami tekankan dalam setiap penyampaian sosialisasi, sehingga diharapkan pola penanganan jika terjadi bencana lebih efektif," katanya.

Hal teknik, seperti cara melaporkan dengan cepat dan cara bertindak efektif jika terjadi bencana alam juga masuk materi pokok yang perlu dipahami oleh semua elemen masyarakat.

"Pembentukan dan pembinaan desa dan kelurahan tangguh bencana terus kita lakukan, karena bagi kami, keberadaan masyarakat yang sadar bencana sangat memiliki arti penting dalam menekan resiko apabila terjadi bencana alam," pungkasnya.

Sudiyanto, salah seorang pengasuh PP Matsaratul Huda Desa Panempan, Kabupaten Pamekasan menyampaikan terima kasih terhadap FRPB yang telah memberikan pelatihan tangguh bencana di PP Matsaratul Huda.

"Sehingga nantinya apabila ada kejadian tentunya kita bisa dengan cepat mengambil tindakan untuk mengurangi dampak kerugian akibat bencana alam," tukasnya. (err/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...