Rabu, 21 Agustus 2019 22:14

Pesona Sekar Gading Jadi Pilot Project Kampung Bebas Narkoba di Sidoarjo

Minggu, 31 Maret 2019 00:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Pesona Sekar Gading Jadi Pilot Project Kampung Bebas Narkoba di Sidoarjo
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho saat deklarasi Kampung Bebas Narkoba di Pesona Sekar Gading, RT 23 / RW 07, Kelurahan Sekardangan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya penanggulangan bahaya penyalahgunaan narkoba terus dilakukan Polresta Sidoarjo. Tidak hanya di lingkungan sekolah, kampanye bahaya narkoba dan antisipasi kenakalan remaja juga digiatkan ke wilayah perkampungan di Kabupaten Sidoarjo.

Salah satunya melalui Deklarasi Kampung Bebas Narkoba di Pesona Sekar Gading, RT 23 / RW 07, Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo, pada Sabtu (30/3) pagi. Kegiatan ini dihadiri Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, Kepala BNNK Sidoarjo Toni Sugiyanto, Camat Sidoarjo Kota, serta dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, Wakapolresta Sidoarjo dan pejabat utama Polresta Sidoarjo.

Deklarasi ditandai dengan pemasangan stiker bertuliskan Kampung Bebas dari Narkoba ke rumah warga oleh Kapolresta Sidoarjo, Wabup Sidoarjo, Camat Sidoarjo Kota, dan tokoh agama. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi Kampung Bebas Narkoba.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, mengatakan jika dirinya sebagai penggagas ide untuk membangun Kampung Bebas Narkoba. Ini dilakukan karena prihatin atas tingginya peredaran dan penyalahagunaan narkoba di Sidoarjo.

"Begitu menjabat di Polresta Sidoarjo, saya prihatin banyak sekali tahanan narkoba di sini. Saat itu saya sampaikan ke Kasatresnarkoba dan Kasat Binmas, ada tidak kampung di Kabupaten Sidoarjo yang benar-benar wilayah dan masyarakatnya bebas dari peredaran maupun penggunaan narkoba, dengan ukuran lima tahun terakhir," cerita Kapolresta Sidoarjo di hadapan tamu undangan yang hadir.

Dan akhirnya sebagai langkah awal terpilih lah, Pesona Sekar Gading RT 23 / RW 07, Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo ini sebagai pilot project Kampung Bebas Narkoba. "Dari deklarasi pagi ini, kami semua berharap dapat memotivasi wilayah lain di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga akan banyak kampung-kampung bebas narkoba lainnya," lanjut lulusan Akpol 1997 ini.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin menyambut positif upaya pemberantasan narkoba melalui Kampung Bebas Narkoba. "Perang terhadap harus melibatkan semua pihak. Tidak hanya polisi dan pemerintah, tetapi juga harus mendapatkan dukungan dari masyarakat yang dimulai dari keluarga. Karenanya program ini diharapkan sebagai role model bagi wilayah lain akan keseriusan mencegah terjadinya peredaran narkoba di sekitar kita," pungkas Wabup Sidoarjo. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...