Cegah Logsor, Bupati Kediri Tanam Ribuan Pohon di Lereng Gunung Wilis

Cegah Logsor, Bupati Kediri Tanam Ribuan Pohon di Lereng Gunung Wilis Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno juga ikut menanam pohon asem.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - "Kediri Menanam Lagi". Itulah tema yang diusung pada acara Penghijauan dalam rangka Konservasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini bertempat di Badut Dusun Besuki Desa Jugo Kec. Mojo, Jumat (22/3/19)

Dusun Besuki secara geografis wilayahnya perbukitan yang terletak di lereng Gunung Wilis dan merupakan salah satu lokasi rawan bencana. Itulah sebabnya Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri memilih tempat ini.

“Memang di Dusun Besuki ini setiap musim penghujan sering terjadi longsor, apalagi daerah-daerah perbukitan,” terang Camat Mojo Sukemi, S.Sos dalam kesempatan tersebut.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno juga datang dalam acara tersebut. Ia hadir dan menanam tanaman asem di pinggir jalan Dusun Besuki di bawah tanaman pinus milik Perhutani.

Jenis bibit yang ditanam oleh Bupati pagi tadi adalah bibit asem. Menurut warga, pohon asem sangat kuat dalam melindungi jalan dari kikisan air hujan yang dapat menyebabkan longsor.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan yang diwakili oleh Deni Alfataruna Kabid Perkebunan menjelaskan, kegiatan penghijauan ini adalah upaya konservasi lingkungan untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam, guna mendukung Gerakan Rehabilitasi Lahan di Kabupaten Kediri.

"Tujuan utama dari kegiatan penghijauan ini adalah mengurangi bahaya banjir dan tanah longsor, menjaga dan memelihara ketersediaan sumber air dan tata aliran air di lahan sekitar hutan, serta meningkatkan nilai produksi dan ekonomi tanaman untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO