Rabu, 21 Agustus 2019 22:17

Terima Livi Zheng, Gubernur Khofifah Berharap Ada Revitalisasi Budaya

Rabu, 20 Maret 2019 22:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Didi Rosadi
Terima Livi Zheng, Gubernur Khofifah Berharap Ada Revitalisasi Budaya
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima audiensi Livi Zheng seorang produser film Hollywood asli Blitar, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap ada revitalisasi budaya-budaya lokal Jatim sehingga bisa lebih dikenal masyarakat. Hal ini penting dilakukan seiring dengan semakin berkurangnya peminat hiburan lokal masyarakat, di antaranya ludruk, ketoprak, atau atraksi gamelan.

“Saya sempat mengupload di instagram bahwa ada tontonan ludruk gratisan di Surabaya, namun peminatnya sangat sediikit. Oleh sebab itu kita sangat ingin ada revitalisasi budaya,” urai Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim saat menerima audiensi Livi Zheng seorang produser film Hollywood asli Blitar Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (19/3) malam.

Gubernur Khofifah menambahkan, tontonan ludruk kumpul bocah pernah diujicobakan hingga dipublikasi di sebuah radio swasta ternama di Surabaya. Namun demikian, respon masyarakat kurang antusias dan penontonnya juga sangat sedikit.

“Ludruk Jawa Timuran ini sangat menghibur, apalagi parikannya bersifat satire yang sangat mengena,” tutur Gubernur perempuan pertama di Jatim ini sembari menambahkan bahwa masyarakat justru bangga menonton broadway daripada tontonan asli daerahnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan minat masayarakat untuk menyukai budaya asli Jatim dibutuhkan tangan dingin untuk bisa mewujudkannya. Oleh sebab itu, Livi Zheng diminta bisa menunjukkan pesona Jatim yang sangat kaya lewat karya-karyanya.

“Budaya Jatim ini harus kita olah dan disajikan dengan menarik sehingga membuat orang mau datang,” imbuh Gubernur Khofifah yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Sosial pada Kabinet Kerja.

Gubernur Khofifah mencontohkan, beberapa budaya yang patut diangkat tentang Gunung Bromo. “Dalam pengolahan ini kita perlu menonjolkan unsur kreativitas dan unsur bisnisnya, sehingga parwisata dan budaya Jatim lebih bernilai,” pungkasnya.

Sementara itu, Livi Zheng menyambut baik tawaran yang disampaikan oleh Gubernur Khofifah. Bahkan, pihaknya akan mendatangkan peralatan video yang berkualitas dalam pembuatannya. “Saya siap Ibu Gubernur ikut mempromosikan Jatim, apalagi keluarga besar saya adalah asli Blitar,” tegasnya.

Livi Zheng menambahkan, sudah beberapa kali mengerjakan proyek film di Jatim, salah satunya tentang budaya Karapan Sapi yang identik dengan Madura. Ia mengaku, film ini sengaja dibuat untuk meraih gelar S-2 nya di salah satu universitas di California.

“Hasil karya film Karapan Sapi Maduran ini bahkan diakui oleh kalangan di universitasnya pada waktu itu, sebagai salah satu karya terbaik,” ungkap Livi Zheng sembari mengimbuhkan hal itu menunjukkan bahwa budaya di Jatim sangat layak diekspose dan dijual.

Pada kesempatan tersebut, Livi Zheng juga mengajak Gubernur Khofifah untuk ikut menonton film karya terbarunya yang akan dilaunching dalam waktu dekat. Selain itu, Ia juga meminta dukungan dan restu dari Gubernur Khofifah terkait film barunya yang diberi judul “Bali Beats of Paradise”. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...