Anwar Sadad Buka Suara Soal Statement KH. Anwar Iskandar

Anwar Sadad Buka Suara Soal Statement KH. Anwar Iskandar Anwar Sadad, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menanggapi video yang viral berisi pernyataan KH Anwar Iskandar di hadapan KH Ma’ruf Amin dan puluhan Kiai lainnya, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad buka suara. Menurut Sadad, pernyataan itu sangat provokatif.

“Arah dari pernyataan itu dapat dibaca dengan jelas, beliau ingin mengatakan bahwa di belakang Paslon 02 ada kekuatan Islam (lain) yang berkonsolidasi dan sedang membangun kekuatan untuk menjadikan Islam mainstream dan para Ulama NU (yang diklaim berada di belakang Paslon 01 sebagai ‘fosil’ di masa depan,” ujar Sadad Rabu (20/3/2019) yang dihubungi lewat telepon seluler.

“Pernyataan ini amat provokatif. Bernuansa memecah-belah umat. Membuat garis batas antara ‘kami’ dan ‘kalian’. Ini seperti membangun kembali tembok tribalisme yang telah dengan sekuat-tenaga dirobohkan di zaman Rasulullah SAW,” tambahnya.

Kiai Ma’ruf Sebut Jokowi Hanya Melengkapi Pernyataan Prabowo

Menurut Sadad, dalam muqaddimah Qanun Asasi Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari telah dibuka dengan ide tentang ijtima’ dan ta’aruf serta ittihad dan juga ta’aluf. “Qanun Asasi bagi warga NU adalah spirit perjuangan, sudah seharusnya dihayati dalam perilaku berjamiyah,” ujarnya.

“Sebagai ulama, amat disayangkan KH Anwar Iskandar membingkai perbedaan pilihan dalam Pilpres sebagai ‘pertempuran’ kelompok Ahlussunnah Waljamaah vis-a-vis Non-Ahlussunnah Waljamaah. Lalu berilusi bahwa kekalahan pihaknya dalam pilpres nanti akan berdampak pada kehancuran kekuatan Islam Ahlussunnah Waljamaah di bumi nusantara. Ini kan seperti menutup mata terhadap fakta banyak tokoh-tokoh NU, beberapa di antaranya bahkan adalah keturunan langsung para Pendiri NU, yang dengan tegas memihak Paslon 02,” lanjut anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO