Rabu, 17 Juli 2019 14:32

Ribuan Masyarakat Sidoarjo Antusias Jalan Sehat dan Olah Raga Bersama, Gelorakan Tolak Kerusuhan

Minggu, 16 Juni 2019 15:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Ribuan Masyarakat Sidoarjo Antusias Jalan Sehat dan Olah Raga Bersama, Gelorakan Tolak Kerusuhan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan hanyalah menimbulkan masalah baru. Kerusuhan dapat memecah persatuan Bangsa. Kerusuhan dapat mencoreng Indonesia di kancah dunia. Kerusuhan bukanlah harapan masyarakat Indonesia.

Itulah beberapa pesan dari ribuan masyarakat Sidoarjo, yang pada Ahad (16/6/2019) pagi, tumpah ruah di kawasan Alun-alun Kabupaten Sidoarjo.

Dari berbagai agama, suku bangsa, berbagai kelompok, dan komunitas di Kabupaten Sidoarjo tampak antusias untuk menyuarakan penolakan kerusuhan demi menjaga Indonesia tetap damai. Kegiatan itu mereka lakukan bersama-sama dengan jalan sehat dan olah raga bersama.

Yolanda, salah satu warga yang ikut kegiatan ini menyatakan setuju jika persatuan dan damainya Indonesia harus terus dijaga. "Hapus perbedaan dan perselisihan, kedepankan persaudaraan dan perdamaian. Kerusuhan hanyalah menimbulkan persoalan baru yang dapat mengganggu kita semua," ujarnya.

Hal senada juga diutarakan Tokoh Budha Sidoarjo Nico Tri Sulistyo Budi di lokasi jalan sehat dan olah raga bersama tolak kerusuhan. Ia mengajak masyarakat saling menjaga amarah dengan mengedepankan rasa kasih dan saling menghormati menyikapi masa sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019. 

"Pasrahkan semua kepada Mahkamah Konstitusi. Dan mari bersabar dengan mengedepankan perdamaian menyikapi proses ini. Jangan karena hanya tidak puas hasil Pemilu 2019, terus kita dengan mudah terpecah belah. Jangan mudah terprovokasi untuk melakukan kerusuhan. Berbuat rusuh tidak malah menyelesaikan masalah. Mari bersatu untuk Indonesia damai," pesannya.

Sementara Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sidoarjo KH. Mohammad Kirom merasa bangga dengan berlangsungnya jalan sehat dan olahraga bersama Tolak Kerusuhan ini. Baginya, apa yang berlangsung Ahad pagi tadi di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo adalah wujud harapan bersama dari masyarakat Sidoarjo, bahkan se-Indonesia, agar Indonesia selalu damai.

Pesan damai menolak kerusuhan, juga disampaikan Bupati Sidoarjo Saiful Illah sebelum memberangkatkan jalan sehat. "Sidoarjo selama ini guyub, rukun, dan damai. Mari kita terus jaga perdamaian dari Sidoarjo untuk Indonesia. Jangan sampai ada aksi-aksi kerusuhan menyikapi sidang perselisihan Pemilu 2019 di MK, khususnya di wilayah Sidoarjo karena warga Sidoarjo itu cinta damai," sambut Bupati Sidoarjo.

Bukti harapan luas masyarakat Kabupaten Sidoarjo cinta damai dan menolak kerusuhan juga terlihat dari antusiasme masyarakat yang hadir dengan melakukan tanda tangan bersama di kain bertuliskan #TOLAKKERUSUHAN #SIDOARJOAMAN #JATIMBERSATU #MENUJUINDONESIADAMAI. (cat/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...