Selasa, 21 Mei 2019 14:58

KEIN Dorong Generasi Millennial Menjadi Entrepreneur

Jumat, 15 Maret 2019 17:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
KEIN Dorong Generasi Millennial Menjadi Entrepreneur
Sutrisno Bachir saat membeberkan kiat-kiat menjadi entrepreneur sukses di acara Dialog Ekonomi Ummat.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mendorong generasi millennial terus mengasah jiwa entrepreneur di bidangnya masing-masing.

"Generasi millennial adalah penemu ide dan inovasi kreatif berbagai produk barang (goods) dan jasa (services). Inisiatif penciptaan produk ini perlu diasah dengan sentuhan jiwa entrepreneurship, sehingga akan melahirkan entrepreneur ulung pada bidangnya masing-masing," kata Soetrisno Bachir dalam Dialog Ekonomi Umat di Gelanggang Olahraga (GOR) Lamongan, Jumat (15/3).

Kegiatan yang diselenggarakan KEIN ini dihadiri sekitar 3.000 peserta, yang mayoritas adalah generasi millennial yang duduk di bangku sekolah menengah dan perguruan tinggi. "Kemampuan menciptakan ide dan inovasi kreatif akan sempurna bila sudah disentuh jiwa entrepreneurship untuk melahirkan entrepreneur," kata Soetrisno.

Dia mengingatkan, bahwa mengasah jiwa entrepreneur harus dimulai sejak bangku sekolah, terutama sekali pada tingkatan sekolah menengah. Saat ini, jumlah pelajar yang masih duduk di bangku SMA/SMK/MA tahun ajaran 2017-2018 sebanyak 20,3 juta orang. Jumlah mahasiswa yang terdaftar tahun akademik 2016-2017 sebanyak 6,9 juta orang.

Karena itu, lanjut dia, kebutuhan sentra-sentra RnD di berbagai daerah menjadi strategis. Sebab keberadaannya dapat menjadi mentor untuk lahirnya entrepreneur-entrepreneur millennial di masa depan.

Soetrisno yang berlatar belakang entrepreneur, menyarankan perlunya menumbuhkan semangat belajar entrepreneurship di tengah pelajar. Setidaknya seluruh pemangku kepentingan, yaitu orang tua, pelajar, pengurus sekolah, dan pemerintah untuk bersama-sama merumuskan dan mengimplementasikan kurikulum yang mampu membentuk jiwa entrepreneurship di kalangan pelajar sekolah menengah ini.

Dirinya optimis akan lahir entrepreneur di berbagai sektor ekonomi kreatif, seperti aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, animasi, fotografi, kriya, musik, penerbitan, seni, dan kuliner dari kalangan pelajar.

Keyakinannya berdasarkan hasil penelitian Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa generasi milenial yang masih duduk di SMA dan SMK sebagai penemu ide dan inovasi kreatif.

Selain itu, penelitian lainnya membuktikan bahwa generasi ini menghabiskan sekitar tiga jam per hari untuk berselancar di internet, sehingga memperkaya wawasan dan kemampuannya dalam berbisnis.

Dalam kesempatan ini, ia memberikan tips-tips menjadi entrepreneur yang harus dimiliki generasi millennial, yaitu terus belajar hingga jenjang pendidikan berikutnya, mandiri, berani mengambil risiko, serta membangun komunitas dan jaringan. Yang terpenting adalah jangan pantang menyerah.

Ia juga menjelaskan bahwa pemerintah sangat mendukung keinginan generasi millennial menjadi entrepreneur sebagai profesinya. Pemerintah sudah membangun infrastruktur sehingga meningkatkan produktivitas dan mobilitas orang dan barang, serta kemudahan akses kredit dan pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga (interest) hanya 7% per tahun, dari bunga perbankan nasional yang di atas dua digit. (qom/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Jumat, 17 Mei 2019 00:26 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RAMADHAN memang penuh segalanya secara apik, termasuk berderet karunia dengan segenap undangan berbuka puasa secara bersama-sama. Ini sangat fenomenal bagi saya yang sejak semula berpuasa bukan untuk meminimalisir perbelanjaan...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...