Peringati HPSN, Wabup Qosim Berharap Gresik Bisa Raih Adipura Lagi

Peringati HPSN, Wabup Qosim Berharap Gresik Bisa Raih Adipura Lagi Wabup Moh. Qosim dan Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro saat membuang sampah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wabup Gresik Moh. Qosim dan Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro bersama masyarakat dan pasukan kuning (paskun) melakukan bersih-bersih sampah. Tidak hanya dipungut, sampah itu juga dibuang pada tempatnya, di tempat pembuangan akhir (TPA) Ngipik, Kawasan Lokasi Industri Petrokimia Gresik, Kamis (21/2).

Kegiatan ini bertepatan dengan perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Wabup menyatakan, ia baru pertama kali melaksanakan peringatan HPSN. "Selain yang pertama kali dalam memperingati hari peduli sampah, saya juga baru pertama kali memimpin upacara di lokasi TPA Ngipik ini. Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada kapolres dan semua jajaran Polres Gresik yang telah berinisiatif dan turut serta dalam menciptakan Gresik bersih dan sehat," jelasnya.

Melalui kegiatan peduli sampah, ia mengajak seluruh masyarakat untuk bangkit dan bersemangat meraih kembali Piala Adipura yang pernah 7 kali berturut-turut direngkuh oleh Kabupaten Gresik. "Memang saat ini persyaratannya (meraih Adipura, red) tambah sulit, terutama tentang TPA ini yang juga menjadi syarat penilaiannya. Semoga kita bisa membenahi serta meraih Adipura kembali. Saya mohon bantuan kepada kapolres untuk selalu mendukung kami," terangnya.

Pada kesempatan ini, Wabup menyerahkan hadiah kepada 3 orang petugas pasukan kebersihan yaitu Edy Prayitno, Semin, dan Slamet. 

Sementara Kapolres Wahyu Sri Bintoro menyatakan, bahwa kegiatan ini sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang Nomer 8 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. "Mari kita kelola sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai. Penerapan sistem 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah," katanya.

Pada kesempatan ini, seluruh anggota Polres Gresik dan para ibu Bhayangkari turut serta. Mereka melaksanakan bersih-bersih sampah di sekitar halaman kantor TPA Gresik. "Hari sebelumnya, Rabu petang kami mengajak anak buah untuk membersihkan pantai Delegan-Panceng dengan memunguti sampah di sekitar pantai," terangnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO